Implementasikan Mapel PAI, SMA Muhpat Kendal Gelar Tahfidz Al-Quran

Penyerahan hadiah kegiatan tahfidz Al-Quran di SMA Muhammadiyah 4 Kendal, Selasa (20/10/2020).

 

HALO KENDAL – Dalam rangka mengimplementasikan mata pelajaran (Mapel) Pendidikan Agama Islam (PAI), SMA Muhammadiyah 4 Kendal menggelar tahfidz Al-Quran.

Kepala SMA Muhammadiyah 4 Kendal, Sunarmi mengatakan, kegiatan tahfidz Al-Quran diselenggarakan setiap semester, sesuai agenda kerja sekolah.

“Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas X, XI, dan XII dengan menerapan protokol kesehatan,” terangnya, Selasa (20/10/2020).

Dikatakan, Pendidikan Agama Islam memang jadi salah satu penekanan dalam pembelajaran di sekolahnya. Tujuannya agar siswa mampu membaca Al-Quran, menulis dan memahami, serta mampu mengimplementasikannya di dalam kehidupan sehari-hari.

“Kegiatan ini sebagai implementasi Mapel PAI yang inklud dengan intra kurikuler dan ekstra kurikuler sekolah, dalam rangka penerapan pendidikan karakter siswa,” jelas Sunarmi.

Dia juga berharap misi dan visi sekolah dapat tercapai, yaitu membimbing para siswa untuk bertaqwa, berkarakter, dan mandiri.

“Siswa memiliki keimanan dan ketaqwaan yang kuat dengan paham Al-Quran dan Sunnah,” ungkapnya.

Menurutnya, uji materi tahfidz Al-Quran di sekolahnya disesuaikan dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) sekolah, yaitu siswa lulus harus mampu menghafal Al-Quran.

Dalam uji gelar tahfidz Al-Quran menggunakan sistem sambung ayat. Yakni dewan juri membacakan atau melafalkan satu atau dua ayat Al-Quran yang kemudian diteruskan oleh peserta.

Ketua Majelis Dikdasmen PD Muhammadiyah Kendal, Sodiq Purwanto mengapresiasi kegiatan gelar tahfidz Al-Quran oleh SMA Muhammadiyah 4 Kendal, yang diselaraskan dengan visi dan misi sekolah.

Sodiq berharap, program gelar program tahfidz Al-Quran dapat dikembangkan lebih kreatif dan diikuti oleh mata pelajaran lain yang inovatif.

“Tahfidz Al-Quran ini mewujudkan kemandirian siswa dalam belajar Al-Quran,” tandasnya.

Sementara itu Pengawas SMA Muhammadiyah 4 Kendal, Supriyanto menambahkan, tahfidz Al-Quran ini sejalan dengan tujuan pendidikan nasional yang tertuang dalam sistem pendidikan nasional.

“Kami berharap kegiatan ini lebih ditingkatkan kualitasnya, tidak hanya siswa hafal terhadap ayat-ayat Al-Quran saja. Akan tetapi mampu memaknai dan memahami sesuai dengan maksud ayatnya,” jelasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.