in

Imbau Juri Bertindak Adil

Francis Ngannou/dok.

 

HALO SPORT – Keputusan juri dalam laga di Ultimate Fighting Championship (UFC) beberapa kali tidak akurat sehingga merugikan para petarung yang dinyatakan kalah.

Karena itu, Francis Ngannou (pemegang sabuk juara kelas berat UFC), mengimbau para juri bertindak adil dalam memutuskan hasil akhir.

Seperti pada pergelaran UFC Vegas 32, 25 Juli lalu, yang menyajikan sejumlah pertarungan hebat dengan beberapa hasil berlangsung ketat.

Selain duel, antara TJ Dillashaw dan Cory Sandhagen, jagoan cantik kelas terbang, Maycee Barber, yang terlibat duel seimbang melawan Miranda Maverick.

Duel itu dimenangi Barber dengan keputusan angka tipis (28-29, 29-28, 29-28). Sebagai pihak yang kalah, Maverick jelas sangat kecewa.

Tidak hanya karena kekalahan itu, Maverick juga galau lantaran tak mendapatkan bayaran penuh untuk duel tersebut.

Seperti diketahui, pemenang dalam duel mixed martial arts (MMA) bakal mendapatkan dua jenis bayaran, yakni honor untuk tampil dan fee untuk kemenangan.

Dengan demikian, kekalahan dengan keputusan angka tipis dari juri itu membuat Maverick hanya bisa membawa pulang bayaran untuk penampilan.

Kejadian menyesakkan yang menimpa Miranda ini mendapatkan atensi dari Francis Ngannou.

Ngannou cenderung memberikan sentilan tajam kepada para juri selaku pemberi nilai dalam duel-duel UFC

Menurut dia, nilai yang diberikan juri sering merampok penghasilan para petarung. Karena itu, petarung berjuluk The Predator ini berani menyuarakan keadilan.

‘’Sangat menarik bagaimana kita melihat ketidakadilan yang dilakukan pada para petarung oleh beberapa juri. Kita membicarakannya hanya untuk merasa kesal lagi ketika hal itu terjadi di lain waktu,’’ ujar Si Pemangsa asal Kamerun ini.

Francis menegaskan sesuatu perlu dilakukan untuk para atlet yang dirampok pada scorecard.

Ngannou bukan tipe petarung yang mengandalkan keputusan juri untuk menyelesaikan duelnya.

Dari 16 kemenangan yang didapatkan dalam karier profesionalnya, tidak ada satu pun yang diperoleh dari hasil perhitungan angka juri.(HS)

Share This

Ducati Masih Lemah dalam Pengendalian

Berkeliling di Sekitar Rumah Dinas, Bupati Semarang Bagikan Paket Sembako pada PKL dan Ojol