Halo Semarang
Take a fresh look at your lifestyle.

Ilkom Udinus Ajak Proklim Purwokeling BPI Kenalkan Konten Digital Lingkungan Berbasis SEO

Para peserta mengikuti pelatihan di Laboratorium Klinik CITO Indraprasta, Semarang, Kamis, 14 November 2019.

 

HALO SEMARANG – Program studi Ilmu Komunikasi (Ilkom) Udinus mengadakan pengabdian masyarakat dan menggandeng Program Kampung Iklim (Proklim) Purwokeling BPI Ngaliyan untuk mengenalkan konten digital lingkungan berbasis Search Engine Optimization (SEO) kepada masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan di Laboratorium Klinik CITO Indraprasta, Semarang, Kamis, 14 November 2019.

Acara tersebut juga dihadiri oleh tim pengabdian masyarakat ilmu komunikasi Udinus dan 11 orang perwakilan dari warga Proklim Purwokeling BPI RW 10 Ngaliyan, yang sangat peduli dengan lingkungan.

Pengabdian masyarakat yang mengusung “Pelatihan Konten Digital Lingkungan Berbasis SEO (Search Engine Optimization)”, bertujuan untuk memperkenalkan konten digital kepada Proklim Purwokeling BPI, supaya beralih ke digital terutama untuk membuat website.

“Karena selama ini kegitan-kegiatan yang dilakukan Proklim BPI hanya tersebar melalui media sosial dan media cetak saja. Dan kali ini, tim pengabdian Udinus berbagi ilmu tentang konten digital yang berbasis SEO supaya Proklim BPI diketahui oleh masyarakat luas. Dengan SEO (Search Engine Optimization) maka informasi tentang Proklim BPI akan lebih dikenal dan ditiru oleh kampung-kampung lain,” kata Heni Indrayani, MIKom, selaku Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat Udinus.

Dia juga berharap, kegiatan pelatihan kali ini dapat membantu menyebarluaskan informasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Proklim BPI dengan basis SEO.

“Proklim BPI memiliki banyak kegiatan penghijauan yang sangat bagus dijadikan sebagai konten digital lingkungan. Dan SEO dapat dengan mudah membantu menyebarluaskan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh warga BPI, supaya informasi mereka terdapat di laman paling atas pencarian dan menjadi percontohan kampung lain,” ujarnya.

Selama kegiatan tersebut, para warga Proklim BPI diajarkan bagaimana cara menulis konten di media digital yang karakteristiknya berbeda dengan media cetak. Selain itu juga diajak belajar tentang mapping media, dan cara mengetahui trends berita.

“Peserta juga membuat tulisan empat paragraf dengan keyword yang sudah disediakan, dan antusiasme peserta sangat luar biasa karena dapat mengikuti kegiatan dengan baik,” katanya.

Ketua Program Kampung Iklim Purwokeling BPI Ngaliyan Semarang, Eko Gustini Wardani Pramukawati mengatakan, kegiatan ini sangat membantu dan bermanfaat dalam menyebarluaskan informasi tentang kegiatan yang dilakukan.

“Kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan nama Proklim Purwokeling BPI di masyarakat, dan kami sangat senang karena mendapat ilmu baru untuk lebih aktif di website,” tegasnya.

Kegiatan tersebut ditutup dengan foto bersama dan pembagian hadiah oleh tim pengabdian kepada para peserta yang telah mengikuti kegiatan dengan dan menyelesaikan artikel empat paragraf yang diminta oleh tim pengabdian.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang