in

Ikuti PPKM Darurat, Ini yang Dilakukan PS Sleman

Pemain PS Sleman saat menjalani tes swab. (Foto: PS Sleman)

 

HALO SPORT – PS Sleman tak terganggu dengan adanya Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa dan Bali karena kasus yang terpapar Covid-19 kian tinggi. Tim tetap melakukan persiapan menghadapi Liga 1 dengan menaati protokol kesehatan (prokes), termasuk melakukan tes swab (usap) setiap pekan.

Tidak ada lagi pelukan antarpemain. Kontak fisik masih bisa terjadi tetapi diusahakan tetap hati-hati. Pemakaian hand sanitizer kian sering dilakukan.

“Begitu turun dari bus atau mengambil minuman, para pemain harus memakai hand sanitizer. Tidak berpelukan antarpemain kecuali saat latihan ada kontak fisik,” kata Dokter Tim PSS, Elwizan Aminuddin di Sleman, Senin (5/7/2021).

Menurut dokter tim ini merupakan bagian dari pelaksanaan prokes secara ketat karena pandemi yang masih tinggi dan bahkan terus meningkat. Hal ini pula yang menjadikan kompetisi diundur sampai akhir Juli.

“PSS mengikuti anjuran pemerintah dengan adanya PPKM darurat. Bila ada kegiatan (latihan), kami menjalani prokes secara ketat,” ujar dia lagi.

Tak hanya prokes, pemain dan anggota tim lain harus menjalani tes swab setiap pekan. Intensitas tes ditambah menjadi sepekan sekali demi menghindari kemungkinan terpapar virus. Dokter menuturkan dari hasil tes swab yang dilakukan pada Senin (5/7/2021), anggota tim dinyatakan negatif.

“Alhamdulillah setelah melakukan swab test, hasilnya clear. Artinya semua negatif. Semua personel terbebas dari Covid-19,” ujar Elwizan.

Pria yang akrab disapa dokter Amin ini menyoroti pentingnya memantau perkembangan kesehatan para pemain dan staf lain. Jika tes dilakukan secara rutin, PSS berharap dapat meminimalisir penyebaran. Dengan demikian jika ada yang terdeteksi positif, yang bersangkutan bisa sesegera mungkin dilakukan isolasi.

“Perihal isolasi, kami merujuk pada Permenkes terbaru di awal tahun yang memutuskan bahwa setiap pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 harus diisolasi minimal 10 hari,” kata dokter.(HS)

Share This

Hanya Beli Pemain yang Punya Potensi

Pilih Sikap Menunggu demi Dapatkan Tim Terbaik