in

Ikuti Pelatihan Batik dan Las, 40 Napi Lapas Kelas II A Pekalongan Dapat Sertifikat

Penutupan pelatihan batik dan mengelas bagi napi di Lapas Kelas II A Pekalongan. (Foto : pekalongankota.go.id)

 

HALO PEKALONGAN – Sebanyak 40 warga binaan atau narapidana Lapas Kelas II A Pekalongan, meningikuti pelatihan menjahit dan pengelasan, yang diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kota Pekalongan bersama Kemenkumham.

Dalam penutupan latihan, Selasa (9/8/2022), para peserta juga memperoleh sertifikat yang dapat mereka gunakan kelak untuk melamar pekerjaan.

“Perekonomian Kota Pekalongan mulai pulih dan tahun 2021 tumbuh 3,56% setelah hampir 2 tahun stagnan akibat pandemi Covid-19. Semua aktivitas diperketat dengan adanya PPKM, alhamdulillah saat ini kegiatan ekonomi, bisnis, dan sosial mulai berjalan normal,” kata Kepala Dinperinaker Kota Pekalongan, Sri Budi Santoso, seperti dirilis pekalongankota.go.id.

Menurut SBS, berbagai pihak perlu mempersiapkan diri. Industri pengolahan batik dan logam atau besi memerlukan dukungan kesiapan sumber daya manusia.

“Pelatihan keterampilan dinilai penting untuk membekali diri menghadapi perkembangan dan persaingan dunia kerja,” kata SBS.

SBS berpesan agar para WBP yang sudah ahli dalam keterampilan menjahit dan mengelas bisa membagikan ilmunya kepada orang lain agar bermanfaat. “Yang sudah mahir bisa mengajarkan ke yang belum mahir. Membagikan ilmu tak ada ruginya,” tandas SBS.

Kepala Lapas Kelas II A Pekalongan, Imam Purwanto menyampaikan terima kasih atas kolaborasi Dinperinaker Kota Pekalongan dengan Lapas Kelas II A Pekalongan yang telah bersinergi melaksanakan pelatihan kemandirian ini sebagai tambahan bekal keterampilan bagi WBP.

“Harapannya dapat menciptakan tenaga kerja WBP yang terampil dan mandiri sehingga setelah lepas masa tahanan nanti bisa bekerja atau membuka usaha,” kata Imam. (HS-08)

Calon Jemaah Haji Lansia Bisa Dapat Dispensasi

Dampingi Kader Mentari Sehat Indonesia, Dinkes Kota Pekalongan Berikan Penyegaran Pelacakan Kasus TBC