in

Ikuti LKMM Tingkat Menengah, Mahasiswa USM Dituntut Tanggap Situasi

Rektor USM Andy Kridasusila, SE, MM saat memberi materi LKMM Tingkat Menengah di Wisma Binadarma Kota Salatiga.

 

HALO SEMARANG – Sebanyak 75 mahasiswa Universitas Semarang (USM) mengikuti Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Tingkat Menengah di Wisma Binadarma Kota Salatiga, 8 hingga 10 Oktober 2021.

Rektor USM Andy Kridasusila, SE, MM mengatakan, kegiatan kemahasiswaan harus menciptakan solusi-solusi penanganan pandemi. Menurutnya, mahasiswa saat dituntut untuk membuka pintu perubahan lebih maju.

“LKMM tingkat menengah sebagai satu di antara upaya untuk meningkatkan softskill mahasiswa agar memilki SDM unggul, kedepan kalian semua akan memegang peranan penting dalam dalam berbagai aktivitas,” ucap Andy.

Ia menegaskan, mahasiswa harus sigap dan tanggap dengan situasi dan kondisi. Sebab, lanjutnya, USM adalah kampus yang memiliki target mencetak mahasiswa profesional.

“USM memiliki jumlah mahasiswa terbanyak diantara PTS yang ada di Kota Semarang, untuk itu lulusan USM harus professional, beradab, berkeeindonesiaan, dan berwawasan IT,” tambahnya.

Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni USM Tirta Kumkamdhani, MM mengatakan, para peserta dibekali dengan sejumlah menteri tentang kepemimpinan dan pengembangan organisasi.

“Materi pro aktif, sistem pengelolaan SDM, pemanfaatan IT dan literasi digital dalam pengembangan organisasi, pengambilan keputusan dan komunikasi efektif,” katanya.

Selain teori, kepemimpinan peserta juga diuji dengan praktik untuk memecahkan berbagai permasalahan yang diberikan oleh pemateri.

“Para peserta juga diberikan simulasi dan studi kasus problem solving, outbond, public speaking dan lain-lain,” paparnya.(HS)

Share This

Dampak Bibit Siklon Tidak Langsung di Semarang, Begini Imbauan BMKG 

11 Raperda Disampaikan Dalam Rapat Paripurna DPRD Bersama Bupati