in

Ikuti Jejak Ayah di Politik, Dua Bersaudara Ini Jadi Anggota Legislatif Kota Semarang 

Anggota DPRD Kota Semarang, Febriansyah Gumilang dan Juan Rama usai dilantik menjadi anggota dewan periode 2019-2024 di ruang Paripurna DPRD Kota Semarang, Rabu (14/8/2019).

 

DARI 50 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang yang dilantik, Rabu (14/8/2019), ada duet kakak beradik yang bersama-sama berhasil masuk ke parlemen. Yakni Anggota Dewan dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Semarang, Febriansyah Gumilang dan Juan Rama.

Saat ditemui awak media, keduanya terlihat kompak menjawab pertanyaan demi pertanyaan.

Di hadapan media, mereka menyatakan siap untuk terjun ke masyarakat setelah menjadi anggota dewan terpilih. Memang bagi Febri, sebelum terjun ke politik sudah punya bekal di beberapa organisasi. Di antaranya pernah sebagai ketua Karang Taruna Kota Semarang, sekretaris Hipmi Jateng periode 2018-2021, dan GP Anshor pusat. Lalu, juga jadi pengurus Pemuda Pancasila Kota Semarang, dan Pemuda Pancasila Jawa Tengah.

“Dengan berbekal aktif di organisasi inilah kemudian saya memberanikan diri untuk maju jadi anggota dewan. Memang dorongan untuk terjun ke politik karena secara kebetulan saya lama beroganisasi, hal ini tidak lepas dari politik. Dan kedua, karena belajar banyak dari bapak (Soemarmo HS mantan Wali Kota Semarang periode 2010-2015-red),” katanya.

Setelah jadi wakil rakyat, pria kelahiran 19 Februari 1982 ini akan berkomitmen untuk tetap belajar tiap harinya. Karena menurut dia, masyarakat makin komplek, makin banyak permasalahan yang terjadi di masyarakat. Karena menurut dia tidak semua kalangan masyarakat mampu mengakses informasi. Sehingga membuat dia tetap harus turun ke daerah pinggiran supaya tidak ketinggalan informasi apa pun.

“Harapannya Kota Semarang ke depan lebih maju lagi. Dan masyarakat pinggiran bisa makin tersentuh dengan peningkatan berbagai infrastruktur yang ada,” imbuhnya.

Saat ditanya, ingin masuk ke komisi apa? Febri masih akan melakukan berbincangam di internal Fraksi PKB, dan partai yang lain. “Karena kan ini masih menunggu dibentuk alat kelengkapan dewan,” terangnya.

Sementara, Juan Rama (32) yang juga tercatat sebagai anggota dewan termuda ini menambahkan, tidak seperti kakaknya, yang masuk ke politik karena telah punya bekal organisasi lebih dulu.

Juan Rama mengakui, jika dia baru pertama kali ini masuk ke dunia politik, karena sebelumnya lebih fokus bisnis.

“Kalau ditanya motivasi apa untuk masuk menjadi anggota DPR? memang saya ada dorongan dari bapak karena masih ingin mengabdi ke masyarakat,” jelasnya.

Tentunya, lanjut Rama, dia harus terus menerus belajar banyak terutama terkait politik. “Banyak mendengar, bertanya, kepada orang yang berpengalaman di politik. Sedangkan motivasi yaitu ingin meneruskan perjuangan bapak untuk mengabdi ke masyarakat,” imbuhnya.

Sedangkan, ke depan, Rama ingin mengembangkan ekonomi kreatif bagi generasi muda, seperti UMKM yang masih punya masalah modal dan di pemasaran. “Khususnya di wilayah Mijen, Ngaliyan Tugu, saya nanti dapat membantu memasarkan produk, agar lebih berkembang, dan Insya Allah sampai ekspor,” harapnya.

Salah satu dewan muda, pria kelahiran 20 April 1987 ini juga ingin menjembatani suara anak-anak muda Kota Semarang.

“Semarang jangan sampai hanya untuk lewat saja. Ke depan sektor pariwisata bisa ditingkatkan,” katanya.

Sementara Ketua DPRD Kota Semarang Sementara, Kadarlusman mengatakan, setelah dilantik, akan segera menyusun tata tertib DPRD Kota Semarang. Setelah itu pihaknya baru membuat alat kelengkapan dewan.

“Targetnya sekitar satu bulan diharapkan bisa selesai. Ini kami masih koordinasi dengan setkretaris dewan untuk menyelesaikannya,” katanya.(HS)

Peringati HUT ke-74 RI, Pemkot Semarang Adakan Khataman Quran

Pelantikan Anggota DPRD Kota Semarang Diwarnai Demo Mahasiswa