in

Ikuti Bina Mental Ideologi, ASN Pendidik di Jepara Diminta Sampaikan Nilai-Nilai Pancasila saat Mengajar

Silaturahmi Bupati Jepara Dian Kristiandi kepada ASN bertempat di Indoor Sport SMP Negeri 1 Mayong. (Foto : Jepara.go.id)

 

HALO JEPARA – Para aparatur sipil negara (ASN) yang merupakan pendidik di sejumlah TK, SD, dan SMP se-Kecamatan Mayong, Kamis (3/2/2022) menerima pembinaan mental dan nilai-nilai kebangsaan, berlandaskan ideologi Pancasila. Selain mereka, silaturahmi dan pembinaan mental ideologi di Indoor Sport SMP Negeri 1 Mayong tersebut, juga diikuti koordinator pendidikan serta tenaga kesehatan.

Dalam kegiatan itu, Bupati Jepara Dian Kristiandi, mengingatkan ASN agar senantiasa berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila, terutama dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita sama-sama bertanggung jawab untuk mewujudkan rasa cinta terhadap negeri ini adalah dengan merawatnya,” ujarnya, seperti dirilis Jepara.go.id.

Khusus kepada para tenaga pendidik, dia minta untuk bisa memberi contoh dan menyisipkan nilai-nilai Pancasila, dalam kegiatan belajar mengajar. Menurut bupati, guru merupakan agen perubahan.

Perannya sangat vital dalam menanamkan rasa cinta tanah air serta wawasan kebangsaan bagi anak didik.

Tidak sebatas menghafal bunyi setiap sila, tapi paham arti dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. “Mari kita terus dorong anak-anak kita, mulai dari hal-hal kecil dan mudah,” kata dia.

Lebih lanjut, Dian Kristiandi menegaskan komitmen pemerintah untuk terus mendorong moderasi beragama. Pengenalan tentang keberagaman, sikap toleransi dan gotong royong, perlu dilakukan sejak usia dini.

Acara yang dibuka dengan pertujukan seni rebana itu, juga menghadirkan Ketua MUI sekaligus Ketua FKUB Jepara Mashudi sebagai pembicara. Tampak hadir pula Kepala BKD Ony Sulistijawan, Kepala Diskominfo Arif Darmawan, Camat Mayong Muhammad Subkhan, Kepala Disdikpora yang diwakili Kabid Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Susanto, serta Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sugeng Widodo.

Ketua MUI sekaligus Ketua FKUB Jepara, Mashudi berharap program pembinaan mental ASN dapat menjadi momentum evaluasi diri. Memacu semangat pegawai untuk lebih meningkatkan integritas dalam pelayanan publik.

“Sebagai ASN yang cerdas harus maju. Baik yang sudah mendapat pembinaan atau pun yang akan mendapatkan pembinaan, harus maju,” tuturnya. (HS-08)

Si “Mesin Terbang” Elang Laut Dada Putih, Satwa Dilindungi Yang Ditemukan Di Semarang 

Antisipasi Omicron, Pemkab Sragen Aktifkan Jogo Tonggo di Tingkat Desa dan Kecamatan