in

Ikan Koi Sedang Naik Daun, Ini Jenisnya…

Ahmad Mansur pemilik Ammaur Koi Semarang sedang menunjukkan ikan koinya.

 

KEPOPULERAN ikan selain ikan cupang yang saat ini sedang naik daun adalah ikan koi. Ikan koi adalah salah satu ikan yang digemari masyarakat Indonesia, karena memiliki nilai jual cukup tinggi.
Terdapat banyak jenis ikan koi yang dapat dibedakan dari warga dan coraknya.

Mayoritas penamaan jenis-jenis ikan koi berasal dari negara Bunga Sakura, sebab ikan koi sangat populer di negara Jepang.
Ada tiga jenis ikan koi yang disukai mayoritas pecinta ikan hias koi di Indonesia. Di antaranya, Kohaku, Showa, Sanke.

“Ikan koi jenis Kohaku, Showa, Sanke sering dicari oleh masyarakat Indonesia. Bisa dikatakan ke tiga jenis itu legendaris di dunia ikan koi internasional,” kata Ahmad Mansur pemilik Ammaur Koi Semarang, Sabtu (3/7/2021).

Mansur menyebut, ketiga jenis ikan koi tersebut lebih disukai, karena dalam dunia perlombaan kontes ikan koi dunia, biasanya selalu menjadi pemenang.

Menurutnya, selain dari jenis, ikan koi disukai juga berdasarkan kualitas. Yakni dapat dilihat dari kombinasi warna, badan, pola warna, dan ukurannya.

“Utamanya adalah kualitas warna, pola warna, dan body ikan koi. Itu biasanya yang membuat ikan koi mahal. Jadi tidak tergantung ukuran besar kecilnya ikan koi. Bahkan ada juga ikan koi berukuran kecil namun harganya mahal,” jelasnya.

Pada Showroom Ammaur Koi Semarang, kata Mansur, terdapat sekitar 15 jenis ikan koi. Beragam harga yang ditawarkan, mulai dari Rp 300 ribu hingga Rp 7,5 juta.

“Ikan koi berukuran kecil 30 cm dengan harganya dari Rp 1,5 juta sampai Rp lima juta pun ada,” ujarnya.

Selama menggeluti bisnis ikan koi, ia menyebut, peminat ikan koi semakin hari semakin meningkat. Karena, ikan koi dipercaya banyak orang membaca hoki.

“Percaya atau tidak ikan koi itu membawa hoki, namun kembali pada masing-masing individu. Tetapi saya sudah membuktikannya, dan merasakan buktinya,” jelasnya.

Diungkapkan salah satu pecinta ikan koi asal Cilacap mengatakan, dirinya mencari ikan koi di showroom milik Mansur berdasarkan informasi kualitas yang diterimanya.

“Saya survei ikan koi di sini (Ammaur Koi Semarang) untuk saya beli. Awalnya dapat informasi ikan koi ini dari Instagram. Kemudian saya langsung cek ke sini, untuk melihat ikannya,” jelas pria yang enggan disebut namanya.(HS)

Berikut informasi yang dihimpun halosemarang.id tentang ikan koi jenis Kohaku, Showa, dan Sanke:

Kohaku
Jenis ikan koi yang dikenal sebagai raja ikan koi. Jenis ikan ini rata-rata dijual di pasaran mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Ikan koi jenis ini memiliki keindahan warna dari ikan koi lainnya. Dengan warna putih corak merah dan hidung berwarna kuning.
Selain itu, juga memiliki corak oranye merah yang paling digemari karena memiliki nilai jual tinggi. Dan corak merah keunguan tebal, seiring bertambahnya usia, warna itu akan memudar.

Showa
Showa atau yang memiliki nama lain Showa Sanshoku atau Showa Sanke, jenin ikan koi yang memiliki corak berwarna putih dan merah, yang ada di sebagian besar tubuh dengan pangkalan yang berwarna hitam.
Perpaduan warnanya yang indah, seakan terlihat cantik di kolam. Ikan koi jenis Showa ini ditawarkan di pasaran mulai Rp 1 juta/ekor.

Sanke
Sanke atau Taisho Sanke juga dikenal sebagai Taisho Sanshoku. Ikan ini sekilas nampak mirip dengan ikan koi Kohaku. Karena memiliki tubuh putih dengan tanda berwarna merah. Terdapat perbedaan, adanya tanda hitam di tubuhnya.(HS)

Share This

Program Vaksinasi Di Kendal Akan Dipercepat

SD 01 Sendangdawung Kendal Terbakar