IJTI Jateng Gelar Uji Kompetensi Jurnalis TV

Halo Semarang, Kompetensi Jurnalis TV, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia. (Foto:Dok)

 

HALO SEMARANG – Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengda Jawa Tengah, menggelar Uji Kompetensi Jurnalis TV (UKJTV), Rabu (18/11), di Hotel Dafam Semarang.

Kegiatan yang bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Jateng itu, diikuti 25 jurnalis televisi se-Jateng. Mereka antara lain berasal dari Semarang, Grobogan, Pati, Rembang, Sragen, Wonogiri, Karanganyar, Sukoharjo, Banyumas, Tegal, dan Brebes.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Pemprov Jateng, Agung Kristianto yang membuka acara UKJ, berharap agar profesionalisme jurnalis dapat menghasilkan karya jurnalistik yang lebih berkualitas.

“Kami berterima kasih kepada rekan-rekan wartawan atas sinergi yang telah dibangun selama ini,” ujar Agung.

Ketua IJTI Pengda Jawa Tengah, Teguh Hadi Prayitno menegaskan UKJ yang digelar IJTI, merupakan komitmen IJTI untuk terus meningkatkan kompetensi dan profesionalisme para jurnalis televisi baik anggota IJTI maupun calon anggota IJTI.

“Inilah salah satu bukti kepedulian IJTI, terhadap jurnalis. UKJ ini adalah yang ketiga kalinya diselenggarakan oleh IJTI Jateng, dan semuanya gratis” ujar Teguh.

Pelaksanaanya UKJTV, berbeda dengan UKJ pada umumnya. UKJ yang dikhususkan bagi para jurnalis televisi ini, tidak hanya menguji pengetahuan dan menulis, namun juga menguji penguasaan teknis produksi berita televisi dan teknologi sesuai bidangnya masing-masing.

Para penguji berasal dari IJTI Pusat, seperti Imam Wahyudi yang pernah menjabat Ketum IJTI Pusat dan anggota Dewan Pers. Serta para penguji lainnya yang sudah lama malang melintang di televisi nasional.

Sementara itu Imam Wahyudi, menjelaskan UKJ ini untuk memfilter   antara jurnalis yang profesional dengan jurnalis yang tidak profesional.  (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.