in

Iin Konitasari Juarai Lomba Bercerita di Boyolali

Bupati Boyolali M Said Hidayat menyerahkan hadiah kepada juara pertama Lomba Bercerita SD/MI Tingkat Kabupaten Boyolali, yang digelar Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Boyolali. (Foto : Boyolali.go.id)

 

HALO BOYOLALI – Iin Konitasari dari SD Negeri 3 Sidomulyo, Kecamatan Ampel, Boyolali keluar sebagai juara I, dalam Lomba Bercerita SD/MI Tingkat Kabupaten Boyolali, yang digelar Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Boyolali. Dengan prestasinya itu, Iin berhak mewakili Kabupaten Boyolali, untuk maju dalam lomba serupa di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Adapun untuk juara II diraih Rafka Dian Wicaksono dari SD Negeri 1 Selo, Kecamatan Selo dan juara III disabet oleh Kalila RehanandaIzdihaar dari SD Negeri Susiloharjo, Kecamatan Boyolali.

Untuk juara harapan I diraih Veronica Agnes Abelifia dari SD Negeri 2 Sambi, Kecamatan Sambi, harapan II diraih Rizqika Nur Isnaini dari SD Negeri 2 Sudimoro; Kecamatan Teras, dan harapan III diraih oleh Sisca Husain dari SD Negeri 3 Kemusu Kecamatan Kemusu.

Lomba untuk menumbuhkan dan mengembangkan minat baca siswa tersebut, dilaksanakan di Pendopo Gede Kabupaten Boyolali, Selasa (25/5). Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan, diikuti enam siswa-siswi se-Kabupaten Boyolali. Sebelumnya peserta perwakilan dari kecamatan, berlomba secara daring untuk memperebutkan posisi enam besar.

Kepala Dinas Arpus Kabupaten Boyolali, Siti Askariyah, mengungkapkan melalui lomba bercerita ini, para siswa dapat menumbuhkan dan mengembangkan kegemaran membaca. Selain itu memupuk kecintaan terhadap karya budaya bangsa, melalui berbagai bacaan atau buku.

“Mempersiapkan generasi muda bagi semua penjuru Kabupaten Boyolali yang dapat menjadi panutan dalam menjalankan kebiasaan gemar membaca,” kata dia, seperti dirilis Boyolali.go.id.

Tahun ini, peserta diwajibkan untuk membawakan cerita lokal Kabupaten Boyolali. Hal tersebut agar anak-anak dapat mengetahu cerita-cerita lokal, sehingga cerita lokal tidak akan hilang oleh perkembangan zaman.

Sementara itu, Bupati Boyolali M Said Hidayat berharap melalui lomba bercerita ini mampu mewujudkan Boyolali Kaya Cerita.

“Bagaimana kita bersama menggali potensi lokal kita sehingga akan bertambah literasi bahkan untuk becerita yang itu benar-benar sesuai dengan kondisi di lapangan,” ungkap Bupati Said.

Dengan durasi waktu sekitar 10 hingga 20 menit bercerita, para peserta memperebutkan Juara I, II, III, Haparan I, Harapan II dan Harapan III. Para juara akan mendapat uang pembinaan, piala dan piagam penghargaan.  (HS-08)

Pulang dari Melahirkan, Langsung Dapat KK Baru

Kisah Balik dari Jatim, Pemudik Swab Antigen Mandiri