in

IGD Penuh, RSI Kendal Sementara Tidak Layani Pasien Covid

Ilustrasi corona.

 

HALO KENDAL – Lonjakan jumlah yang terpapar Covid-19 di Kabupaten Kendal akhir-akhir ini, berujung pada penuhnya ruang isolasi Covid-19 di beberapa rumah sakit di Kendal.

Seperti yang disampaikan, Humas Rumah Sakit Islam (RSI) Kendal, Farid Hermawan, melalui pesan singkat kepada halosemarang.id, Minggu (20/6/2021).

Dijelaskan, untuk sementara pihaknya belum bisa melayani pasien curiga dan konfirmasi Covid-19, sampai dengan pemberitahuan selanjutnya.

“Yang dimaksud pasien curiga, yakni pasien dengan diagnosa curiga ke arah Covid-19, berdasarkan kepada hasil pemeriksaan fisiknya dan pemeriksaan pendukungnya ke arah Covid,” jelas Farid.

Dikatakan, untuk menampung pasien Covid-19, ruang IGD untuk sementara menjadi ruang isolasi.

“Saat ini ada 42 pasien Covid yang dirawat di IGD. Penumpukan pasien di IGD, dikarenakan para pasien menunggu ruang yang kosong. Jadi untuk pasien Covid kami sarankan ke rumah sakit lain yang ada ruang perawatan Covid,” imbuh Farid.

Namun, lanjutnya, itu hanya untuk ruangan pasien Covid-19, sedangkan untuk layanan pasien biasa, RSI masih banyak tempat.

“Saat ini RSI masih tetap melayani pasien umum seperti biasanya. Untuk pasien gawat darurat ataupun pasien non-Covid ruangan masih tersedia,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Ferinando Rad Bonay, saat dikonfirmasi mengatakan, dari 66 kapasitas ruangan di ruangan RSUD dr Soewondo Kendal yang disiapkan untuk pasien Covid-19 hanya tersisa 2 kamar.

“Sementara di RSDC Kendal sendiri, sudah ada 43 kamar yang disiapkan dan 90% telah terisi oleh pasien Covid-19,” ujar Ferinando.(HS)

Share This

Komunitas Millennial Mengajar Bagikan Ilmu Keliling Kota Semarang

Saat Mbak Ita Memanen Buah Langka Di Tengah Kota