in

Iduladha 1443 H, Pemkot Pekalongan Salurkan Hewan Kurban ke 3 Masjid dan 11 Lembaga

Foto : Pekalongankota.go.id

 

HALO PEKALONGAN – Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkot Pekalongan, pada Hari Raya Iduladha 1443 H menyalurkan 21 hewan kurban ke sejumlah masjid dan lembaga di wilayahnya.

Kepala bagian Kesra, Mahbub Syauqi menyampaikan akan ada penyerahan hewan kurban oleh Wali Kota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid, ke 3 masjid dan 11 lembaga.

“Setelah Salat Iduladha, kemungkinan sore atau siang hari, akan ada penyerahan hewan kurban oleh Wali Kota Pekalongan, di Masjid Al-Amin, Masjid Al-ikhlas, Masjid Jami’ Kauman, dan di lembaga lain yang sudah ditunjuk,” kata Mahbub, seperti dirilis pekalongankota.go.id, Jumat (8/7/2022)

Mahbub merinci 21 hewan kurban yang akan disalurkan, terdiri atas 7 ekor sapi dan 14 ekor kambing. Sebanyak 4 ekor sapi dan 3 ekor kambing, akan diserahkan ke Masjid Al-Amin Kantor Sekretariat Daerah (Setda), 2 ekor sapi diserahkan ke Masjid Al-Ikhlas Jetayu, 1 ekor sapi untuk Masjid Jami’ Kauman, dan lembaga lain yang ditunjuk masing-masing akan menerima 1 ekor kambing.

Terkait anggaran hewan kurban tahun 2022, bersumber dari donasi kurban  dari beberapa unsur, di antaranya pejabat Pemerintah Kota Pekalongan, baik pribadi maupun melalui organisasi perangkat daerah (OPD), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), dan perbankan di Kota Pekalongan.

Lebih lanjut, khusus di Masjid Al-Amin Setda, tak hanya menerima hewan kurban namun juga menerima berupa daging.

“Masjid Al-Amin kami mengcover penerima daging korban dari lingkungan Setda dan OPD, untuk masyarakat sekitar masjid dan khusus tenaga kegiatan di lingkungan Setda dan OPD sekitar. Dibagi menggunakan kupon atau melalui koordinator yang sudah ditunjuk supaya tertib,” tambahnya.

Ia menambahkan jumlah hewan kurban yang disalurkan tahun ini lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu.

“Alhamdulillah lebih banyak tahun ini, selisih tidak terlalu banyak namun meningkat, artinya memberikan kesempatan kepada pada mudhohi yang ingin berkurban untuk menyalurkan korbannya,” kata dia. (HS-08)

Polres Batang Pantau Ternak hingga PMK Lenyap

RPH Boyolali Bersiap Potong Hewan Kurban dengan Perlakuan Khusus