HUT Ke-91 PSSI, Ketum Moch Iriawan Kunjungi Balai Persis

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (tengah) beserta jajaran pengurus memperingati HUT ke-91 PSSI di Solo, Senin (19/4/2021).

 

HALO SPORT – PSSI sudah berusia 91. Pada HUT ini PSSI kembali memperingatinya secara sederhana di Kota Solo.

Peringatan dilakukan dengan kunjungan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Balai Persis, salah satu situs historis dari sepak bola nasional.

Balai Persis merupakan bangunan penuh bersejarah. Balai itu menjadi saksi sejarah klub Persis yang merupakan satu dari tujuh klub pendiri PSSI.

Selain itu terdapat monumen berupa patung Soeratin Sosrosoegondo. Salah satu tokoh yang mendirikan organisasi sepak bola nasional dan kemudian menjadi Ketua Umum PSSI yang pertama.

Ketua Umum PSSI didampingi Iwan Budianto (Waketum PSSI) dan Yunus Nusi (Sekjen PSSI) hadir dalam upacara peringatan tersebut.

Hadir pula Asosiasi PSSI Kota Surakarta, dan beberapa perwakilan dari mantan pesepak bola nasional asal Solo.

Mereka berada di situs bersejarah itu untuk menghormati sejarah perjalanan perkembangan federasi persepakbolaan Indonesia dengan ditandai meletakkan karangan bunga di cagar budaya tugu patung Soeratin.

Di Balai Persis Solo ini, kata Iriawan, ada cagar budaya Ketua Umum PSSI Soeratin yang menjadi tonggak percaturan sepak bola Indonesia. Nama Soeratin kemudian diabadikan melalui piala-piala dalam kejuaraan nasional.

“Suasana sederhana karena situasi pandemi yang belum reda. PSSI lahir 91 tahun lalu. Umur yang sudah tua dan sampai saat ini masih berdiri tegak. Perayaan kali ini diadakan di Solo. Kebetulan Piala Menpora juga digelar di kota ini,” kata Mochaman Iriawan.

“Secara historis Solo menjadi pendiri PSSI. Selain itu ada situs Soeratin sebagai ketua pertama federasi,” ujar dia.

“Solo ini kota yang bersejarah dalam perkembangan sepak bola Indonesia. Di usia yang sudah 91 tahun semoga sepak bola Indonesia membanggakan dengan prestasinya. Selamat ulang tahun PSSI,” kata Iwan Bule, sapaannya, lebih lanjut.

Menurut jenderal polisi ini di usianya yang hampir seabad, PSSI diharapkan membawa sepak bola nasional mencapai prestasi membanggakan di level internasional. Dia berharap masyarakat turut berdoa demi tercapainya prestasi tersebut.

“Bendera Merah Putih harus bisa berkibar di internasional. Ini menjadi mimpi saya dan pengurus PSSI baik dari daerah hingga pusat serta para klub Liga 1 dan 2,” tutur Iriawan.

PSSI, di tengah pandemi Covid-19, menggelar Piala Menpora 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Bahkan Presiden Joko Widodo juga mengapresiasi pelaksanaan turnamen pramusim itu.

“Kegiatan ini menjadi tonggak sejarah karena dilaksanakan di tengah pandemi yang belum reda,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Iriawan menuturkan bila PSSI maish mengupayakan wacana usulan Soeratin Sosrosoegondo menjadi pahlawan nasional. Menurut Iwan Bule untuk mewujudkannya butuh proses yang panjang.

“Soeratin jadi pahlawan nasional perlu dikomunikasikan parameter apa saja, kalau dari PSSI menginginkan hal tersebut,” katanya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.