HUT ke-72, Polwan Diharapkan Terus Berikan Pelayanan Maksimal Kepada Masyarakat

Dialog dan diskusi dalam rangka memperingati HUT Polwan ke-72 yang digelar di TVRI Jateng, Senin (31/8/2020).

 

HALO SEMARANG – Peran polisi wanita (Polwan) tidak hanya sebagai pelindung dan pengayom masyarakat saja.

Ada peran lebih yang sangat dibutuhkan dari polisi wanita ini, khususnya saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

Di antaranya, Polwan bisa membantu dan mendukung tugas Polri dalam upaya membantu masyarakat terimbas pandemi.

Seperti membangun dapur umum, membagikan masker, dan ikut memberi penyuluhan kepada masyarakat.

Hal itu terungkap dalam Dialog Publik dalam rangka memperingati HUT Polwan ke-72 yang menghadirkan Polwan Berprestasi, di antaranya AKBP Siti Rindhijah (Wadirbinmas Ditbinmas Polda Jateng), AKP Ni Ayu Fitria Facha (Parik 2 Itbid Itwasda Polda Jateng), dan Bripda Ambri Yudhana (Bamin Subbid Dokpol Biddokkes Polda Jateng).

Dialog dan diskusi ini sendiri digelar dengan tema “Tangguh Polwanku Negeriku Aman” dan digelar di TVRI Jateng, Senin petang (31/8/2020).

Kontribusi Polwan dalam kedinasan memang sudah diatur sesuai aturan undang-undang Kepolisian nomor 2 tahun 2002 sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat.

“Peran Polwan di Indonesia sangat unik, ada sisi lembut terutama di bidang kejahatan perlindungan anak dan wanita. Dan kiprah Polwan saat pandemi Covid-19 ini berperan membantu dan mendukung Polri dalam membantu masyarakat terdampak Covid-19.” ujar Bripda Ambri Yudhana.

Sementara, AKP Ayu Fitria Facha menyatakan, Polwan sangat berperan aktif dalam langkah-langkah pencegahan Covid-19. Hal ini terlihat selama pandemi, Polwan Polda Jateng melakukan gerakan bagi-bagi masker kepada masyarakat, penyuluhan, bakti sosial bagi masyarakat terdampak.

“Hal tersebut, menunjukkan bahwa peran Polwan Polda Jateng sangat aktif dalam proses pencegahan dan penanganan Covid-19, juga menjaga situasi keamanan agar tetap kondusif,” ujarnya.

Dia menambahkan, sebagai Polwan, dirinya terus berusaha untuk menyampaikan berbagai program kepada masyarakat dengan cara kekinian, agar program yang disampaikan diterima masyarakat.

Menurutnya, berbagai terobosan yang dibuat, di antaranya dengan menerapkan managemen media. Seperti membuat vlog, menggandeng YouTuber, dan kegiatan lain sebagai program sosialisasi.

“Pengalaman waktu jadi Kasatlantas Polres Purworejo, saya berusaha mengubah image citra Polri dengan menggandeng Pak Bhabinkamtibmas, Bripka Herman (YouTuber). Dan Alhamdulillah program itu dapat diterima oleh masyarakat,” ujar AKP Ayu Fitria Facha.

Dalam dialog tersebut AKBP Siti Rondhijah berharap, agar Polwan di jajaran Polda Jateng terus memberikan pengabdian kepada masyarakat secara maksimal.

“Harapan kami dalam HUT Polwan Ke-72 ini, ke depan peran Polwan mampu memberikan pengabdian yang terbaik kepada Masyarakat sesuai dengan semboyan untuk HUT Polwan Ke-72 yaitu Polwanku Tangguh Negeriku Aman,” ujar AKBP Siti Rondhijah.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.