in

Hujan Sehari Semalam, Sungai Kendal Meluap Genangi Rumah Warga

Jalan Kelurahan Pekauman menuju Pasar Kendal yang digenangi air, sejak siang, Kamis (4/2/2021).

 

HALO KENDAL – Hujan Deras sejak Rabu siang membuat beberapa sungai di Kabupaten Kendal meluap. Salah satunya Sungai Kendal, akibat luapannya, ratusan rumah terendam banjir.

Setidaknya ada lima kelurahan di Kecamatan Kendal, yang terdampak meluapnya Sungai Kendal, yakni, Kebondalem, Langenharjo, Patukangan, Pekauman dan Ngilir.

Namun demikian, dikabarkan tidak ada korban jiwa atau membuat warga mengungsi akibat banjir tersebut.

Menurut keterangan salah satu warga Kelurahan Patukangan, Joko Utomo, sungai meluap akibat buangan air dari sungai kecil maupun dari luapan air sawah karena hujan.

“Air masuk sekitar pukul dua belas malam,” ujarnya, Kamis (4/2/2021).

Dikatakan, di wilayah tersebut sudah menjadi langganan banjir, saat sungai meluap.

“Tahun 2021 ini saja, sudah terjadi tiga kali mengalami banjir. Kalau yang rumahnya sudah ditinggikan tidak terdampak. Tapi yang belum ya airnya masuk sampai setinggi 20 centimeter,” ungkap Joko.

Ia pun menjelaskan, selain sungainya dangkal, juga banyaknya sampah yang tersangkut di jembatan. Sehingga menghambat arus sungai.

“Ini karena masih rendahnya kesadaran masyarakat, untuk tidak membuang sampah di sungai. Itu coba lihat, ada bantal bahkan kasur yang dibuang ke sungai,” jelasnya sambil menunjuk buangan sampah yang tersangkut di jembatan jalan Soekarno – Hatta Kendal.

Selain itu, pemukiman sekolah pun juga tak luput dari luapan air.

“Untung, saat ini siswa belajarnya daring, sehingga banjir tidak mengganggu aktivitas belajar mengajar. Seperti SMK Swasta yang diberi tanggul dan MMT agar air tidak masuk,” pungkas Joko.

Saat berita ini diturunkan, hujan deras masih terjadi di wilayah Kendal. (HS)

Share This

Ratusan Nakes di Kendal Gagal Mendapatkan Vaksin, Ini Alasannya

Tak Lagi Banjir, Kawasan Tanah Mas Semarang Bisa Jadi Contoh Penanganan Persoalan Pesisir