in

Hotel, Tempat Wisata, dan Usaha Kuliner Didorong untuk Tersertifikasi CHSE

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Indriyasari saat memberikan materi dalam kegiatan Program CHSE kepada pegiat wisata di Hotel Grasia Semarang, Selasa, (24/11/2020).

 

HALO SEMARANG – Hotel dan tempat wisata serta usaha kuliner di Kota Semarang diharapkan untuk mengikuti sertifikasi dalam program Cleanlines, Healthy, Safety, and Environmental, Sustinable (CHSE).

Program ini merupakan sertivikasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Di Kota Semarang dari keseluruhan yang ada saat ini sudah ada sekitar 25 persen untuk tempat wisata, beberapa hotel dan usaha kuliner.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Indriyasari mengatakan, hingga sekarang program sertifikasi CHSE untuk sektor pariwisata di Kota Semarang masih terus berlanjut.

Pihaknya mendorong dan mensosialisasikan program ini kepada semua pegiat wisata dan stakeholder terkait.

“Memang persyaratan sertifikasi ini cukup berat tapi kalau mereka sudah siap dari awal tidak terlalu sulit,” ujar Iin, sapaan akrab Indriyasari, Selasa, (24/11/2020).

Iin menjelaskan, untuk pendaftaran sertifikasi CHSE ini secara online, gratis dan difasilitasi dari Kemenparekraf.

“Pihak hotel atau tempat wisata mengisi form, memasukkan data terkait prokes, nanti ada tim dari Kemenkraf yang turun untuk melakukan pengecekan ke masing-masing tempat,” imbuhnya.

Tujuannya, kata Iin, agar masyarakat nyaman dan pihak pengelola wisata lebih percaya diri untuk memberikan pelayanan di tengah pandemi.

“Tahun ini masih tahap persiapan. Tahun depan kita sudah siap semuanya,” katanya.

Salah satu peserta dari Star Hotel Semarang, Angga mengatakan, pihaknya sangat apresiasi dengan adanya program CHSE untuk hotel dan tempat wisata ini.

Hal ini untuk menjamin kesehatan dan keselamatan tamu hotel dan keluarga saat berada di hotel.

“Biar semuanya nyaman untuk kesehatan tidak membuat klaster baru penularan Covid-19. Saya berharap semua orang bisa mematuhi untuk kenyamanan dan keselamatan bersama,” pungkasnya.(HS)

Share This

Idealnya, Tenaga Medis Empat Jam Sekali Ganti Masker

Performa Ibra seperti Kualitas Anggur