in

Hobi Makan Durian, Ini 8 Manfaat Buah Durian dan Beberapa Efek Sampingnya

Ilustrasi foto.

BAGI pehobi buah durian atau yang gemar makan buah yang dikenal sebagai King of Fruits atau rajanya buah buahan ini, ternyata punya sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan, di Malaysia durian digunakan sebagai obat berbagai penyakit termasuk demam tinggi, penyakit kuning, dan penyakit kulit.

Meski ada juga efek samping dari durian tersebut, setidaknya ada 8 manfaat dan beberapa efek samping durian:

1. Mengurangi risiko kanker
Manfaat durian untuk kesehatan yang pertama adalah bisa membantu mengurangi risiko terkena kanker. Sebab, durian mengandung antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas pemicu kanker. Dalam sebuah penelitian tabung reaksi, ekstrak durian mencegah strain sel kanker payudara menyebar.

2. Pencernaan lebih sehat
Kegunaan durian untuk pencernaan yakni bisa memperlancar buang air besar atau meredakan sembelit. Hal ini lantaran buah durian mengandung serat yang cukup tinggi sehingga dapat membantu kerja organ pencernaan secara optimal.

3. Mengatur kadar gula darah
Berikutnya, manfaat durian bagi kesehatan yakni bisa mengatur kadar gula darah, berkat mengandung zat mangan di dalamnya.

4. Solusi agar tidak mudah capek
Manfaat lainnya, durian adalah untuk menjadi solusi agar tidak mudah capek. Sebab, dalam 100 gram buah durian mampu mencukupi kebutuhan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh sebesar 21 persen. Sehingga buah durian dapat menambah energi tubuh secara instan saat aktivitas atau pekerjaan yang relatif padat dan menguras tenaga dan pikiran.

5.Nutrisi bagi tulang dan gigi
Buah durian juga mengandung kalsium, kalsium serta vitamin B1 dan B2 yang dapat menyuplai nutrisi penting yang sangat dibutuhkan untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan tulang dan gigi.

6. Kulit lebih awet muda
Kegunaan lainnya, membuat kulit lebih awet muda. Sebab, durian mengandung sumber vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C inilah yang dapat menangkal berbagai radikal bebas dan memperlambat proses penuaan pada kulit tubuh dan wajah.

7. Membantu menjaga fungsi tiroid
Durian merupakan sumber yang baik dari zat tembaga. Zat tembaga juga berperan dalam metabolisme tiroid, terutama dalam hal produksi dan penyerapan hormon. Kelenjar tiroid berfungsi dalam mengatur sensitivitas tubuh dalam membakar energi.

8. Solusi anemia (kurang darah)
Ada manfaat untuk ibu hamil karena durian mengandung folat, tembaga serta zat besi yang berperan penting untuk mengatasi gejala anemia atau kurang darah. Selain itu folat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menunjang perkembangan janin. Mencukupi kebutuhan asam folat harian.

Adapun efek samping buah durian, antara lain:

1. Meningkatkan tekanan darah
Buah durian mengandung senyawa alkohol (ethanol, methanol, ethyl metacrylate) dan berbagai senyawa sulphur. Alkohol dapat meningkatkan tekanan darah.
Jadi, bagi pengidap hipertensi dan penyakit penyertanya seperti jantung koroner, stroke, atau gangguan ginjal, mengkonsumsi durian berlebih bisa berdampak buruk terhadap penyakit yang dideritanya. Sehingga disarankan sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsinya.

2. Masalah Gula Darah
Raffles Medical Group, menyatakan bahwa durian adalah buah kaya akan gula meski cenderung tidak terasa manis. Tiga biji durian dapat mengandung antara 20-30 gram gula atau karbohidrat sederhana. Jumlah ini setara dengan kandungan gula dalam semangkuk nasi putih. Oleh karena itu, orang yang memiliki masalah gula darah atau diabetes perlu membatasi konsumsi buah tropikal ini.(HS)

Dilaporkan Hilang, Warga Cening Kendal Ditemukan Meninggal Dunia di DAS Bodri

Dukung Jamsostek, Tiga Daerah Masuk Nominasi Peraih Paritrana Award 2024