Hingga November, Realisasi Pendapatan Pajak PBB Kota Semarang Capai 86 Persen

Pjs Wali Kota Semarang, Tavip Supriyanto memberikan hadiah secara simbolis berupa satu unit mobil kepada perwakilan pemenang undian pajak PBB tahun 2020 di Rama Shinta Ballroom Hotel Patra Semarang, Kamis, (19/11/2020).

 

HALO SEMARANG – Realisasi pendapatan dari pajak bumi dan bangunan (PBB) di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang hingga bulan November 2020 ini tercatat telah mencapai 86 persen. Yakni dari target pendapatan PBB tahun 2020 yakni sebesar Rp 537 miliar.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang, Agus Wuryanto mengatakan, dari target perolehan pajak PBB tahun ini masih ada kekurangan sekitar Rp 70 miliar. Sehingga kekurangan yang cukup banyak tersebut menjadi pekerjaan rumah Bapenda hingga satu bulan ke depan.

Dijelaskan Agus, memang ada kendala untuk mencapai target yang sudah ditentukan ini, karena belum tersosialisasi secara massif ke masyarakat, terkait keringanan bagi wajib pajak berupa penghapusan denda.

“Di mana semua wajib pajak diberikan keringanan tunggakan dari pokoknya, yaitu sebesar 50 persen dari tahun 2015, 40 persen tahun 2016, dan 30 persen tahun 2017. Lalu sebesar 20 persen tahun 2018 dan 10 persen tahun 2019,” jelasnya.

Lanjut Agus, kebijakan pemberian keringanan untuk wajib pajak tersebut hanya berlaku di tahun 2020 ini.

“Sebab, pada bulan Desember 2020 pelayanan pembayaran pajak hanya akan sampai pada tanggal 23 desember 2020. Dengan adanya momen libur panjang,” katanya.

Sehingga untuk memberikan apresiasi bagi wajib pajak, lanjut Agus, yang telah tertib membayar pajak PBB lebih awal, pihaknya memberikan penghargaan dengan berbagai hadiah melalui undian pajak PBB tahun 2020. Dengan hadiah utama berupa satu unit mobil dan beberapa hadiah lainnya, seperti motor dan peralatan elektronik.

“Ini apresiasi kita bagi wajib pajak yang membayar PBB lebih dini, sedangkan untuk semua wajib pajak diberikan penghapusan semua denda administrasi. Yang diundi kali ini diklaster, yaitu bagi wajib pajak yang membayar sampai 31 Agustus 2020,” terangnya.

Dari hasil pengundian itu, diperoleh pemenang untuk hadiah grandprize satu unit mobil atas nama wajib pajak Endang Nurti, warga Tembalang, Kota Semarang. Pengundian itu yang dilakukan simbolis oleh Pjs Wali Kota Semarang, Tavip Supriyanto bertempat di Rama Shinta Ballroom hotel Patra, Kamis, (19/11/2020).

Pjs Wali Kota Semarang, Tavip Supriyanto dalam sambutan mengatakan, kegiatan undian pajak PBB tahun 2020 ini untuk meningkatkan perolehan pajak di Kota Semarang.

Sekaligus apresiasi bagi wajib pajak yang telah tertib dalam membayar pajak lebih awal.

“Diharapkan, kegiatan ini bisa memberikan semacam dorongan dan penyemangat untuk berlomba lomba membayar pajak bagi wajib pajak,” imbuhnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.