in

Hingga Juli 2021, Pendapatan TPI Pekalongan Capai 39,21 persen

Kapal nelayanan bersandar di Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan. (Foto : Pekalongankota.go.id)

 

HALO PEKALONGAN – Capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD), dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kota Pekalongan, hingga akhir Juli 2021, sebesar 2.156.448.000 atau sekitar 39.21% dari target yakni Rp 5 miliar.

Kepala UPTD TPI Pekalongan, Mochtar Sanusi, seperti dirilis Pekalongankota.go.id, mengatakan bahwa aktivitas lelang ikan mulai pulih pada Maret lalu, di mana pada Februari sempat minus 46% akibat bencana banjir dan pendangkalan, sehingga hanya ada dua kali aktivitas lelang. Tetapi pada Juni dan Juli, pencapaiannya lebih tinggi dari tahun lalu.

Selama musim angin timur, tangkapan nelayan pun beragam, seperti cumi-cumi, ikan tengiri, cembung, dorang, haring, banyar, dan tongkol. Untuk harga cumi-cumi berkisar Rp 30-50 ribu, bergantung dari ukurannya.

Begitu pula dengan ikan tengiri, seharga Rp 50 Ribu – Rp 60 ribu, dorang Rp 50 ribu, dan banyar Rp 32 Ribu – Rp 33 Ribu. Adapun untuk ikan tongkol layang, memang harganya fluktuatif cenderung naik, berkisar Rp 23 ribu – Rp 27ribu.

Di masa pandemi, pihaknya secara masif mengingatkan para awak kapal dan nelayan, untuk selalu menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, hal yang tak kalah penting yakni melihat kondisi cuaca saat hendak melaut. (HS-08)

Share This

Pelajar Asal Papua Dikukuhkan Jadi Paskibra Kota Pekalongan

Hiraukan PPKM Level 4, Satpol PP Semarang Tertibkan Puluhan PKL