in

Hijaukan Solo, Rotary Club Solo Area dan Bank Indonesia Bantu 206 Pot dan Tanaman

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming, menerima bantuan 206 pot dan tanaman dari Rotary Club Solo Area dan Bank Indonesia. (Foto : Surakarta.go.id)

 

HALO SURAKARTA – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming menerima bantuan 206 pot dan tanaman dari Rotary Club Solo Area dan Bank Indonesia.

Penyerahan pot dan tanaman, dilakukan secara simbolis di Tugu Pemandengan, dilanjutkan dengan penanaman tanaman pucuk merah, Jumat (30/4).

Gibran mengatakan pihaknya ingin lebih menghijaukan Kota Solo .

“Water barriernya mau diganti tanaman semua. Nanti ada tempat lain juga kita hijaukan. Depan Loji Gandrung juga baru uji coba,” jelas Gibran, seperti dirilis Surakarta.go.id.

Selain itu Gibran juga menyampaikan ingin menambah ruang terbuka hijau di Kota Solo yang dirasa masih sangat kurang.

“Kita mau menghijaukan semua yang ada di Solo. Ruang terbuka di Solo masih kurang hijau. Sepanjang city walk mau saya hijaukan lagi. Konsepnya tidak boleh parkir lagi. Tapi nanti dulu ya, pelan-pelan nanti kita hijaukan lagi Kota Solo,” jelasnya.

Koordinator Project President Rotary Clubs Solo Area Retno Dewi Suci, mengatakan Rotary Clubs merupakan organisasi pengabdian masyarakat Internasional, yang  memiliki beberapa area fokus, salah satunya adalah Lingkungan Hidup.

Rotary memiliki program yang sejalan,  dengan harapan Wali Kota Solo, untuk menjadikan wilayahnya lebih asri dan hijau. Karena itu Rotary Clubs Solo Area, bekerja sama dengan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Solo, mempersembahkan 206 pot dan tanaman, kepada Pemerintah Kota Surakarta.

Pot dan tanaman ini akan diletakkan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, mulai dari Bundaran Gladag hingga Tugu Pemandengan. Area premium di Kota Solo ini, akan menjadi proyek percontohan untuk ke depannya, dengan hrapan semua area utama Kota Solo menjadi lebih hijau dan asri.

Program dengan tema “Hijau Soloku , Asri Kotaku” akan ditandai dengan penyerahan 206 Pot dan tanaman yang akan dilaksanakan pada Jumat, 30 April 2021, pukul 07.30 WIB langsung kepada Wali Kota Gibran Rakabuming Raka di lokasi Tugu Pemandengan.

Simbolis penanaman pohon pucuk merah akan dilakukan Wali kota bersama pihak Rotary Club Solo Area yang dihadiri oleh District Senior Leader IPDG Febri H Dipokusumo, Deputy District Governor Danarsih Santosa, Assistant Governor Area Region 4 Martha Kristiana dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo Nugroho Joko Prastowo.

Pot dan tanaman akan diserahkan secara bertahap untuk mengganti water barrier yang saat ini digunakan sebagai pembatas jalan.

Sebelumnya, Rotary Clubs Solo Area juga telah memberikan bantuan berupa pot dan tanaman yang sudah  diletakkan di Jalan Adi Sucipto disepanjang depan stadion Manahan dan di jalan Doktor Moewardi disepanjang depan Lapangan Kota Barat.

Retno Dewi Suci berharap dengan semakin banyaknya tanaman dan program penghijauan di Kota Solo, dapat menjadikan masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan dan masyarakat semakin menyadari pentingnya lahan hijau yang harus dihidupkan dan dijaga bersama. (HS-08)

Share This

Kawasan Tambang Quarry di Desa Wadas Direklamasi Agar Memiliki Potensi Wisata

Bupati Boyolali Minta Masyarakat Untuk Tidak Mudik