Hexagon City Virtual Conference Bakal Diikuti Ratusan Peserta

Foto ilustrasi salah satu Virtual Conference Hexagon City.

 

HALO SEMARANG – Memasuki Zona Open Space di perkuliahan Bunda Produktif Institut Ibu Profesional, Founding Mother Hexagon City, Septi Peni Wulandani meluncurkan ide dan gagasan “Hexagon City Virtual Conference” yang akan dilaksanakan selama empat belas hari sejak tanggal 8 hingga 22 Februari 2021.

Karena antusias peserta yang sangat tinggi, diprediksi peserta yang akan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut hingga 800 orang.

Mereka adalah mahasiswa kelas Bunda Produktif sekaligus warga Hexagon City yang dikenal dengan sebutan Hexagonia.

“Hexagon City Virtual Conference adalah sebuah marketplace dari rasa ingin tahu, refleksi dan pembelajaran. Di sini, semua Hexagonia memiliki kesempatan untuk mengambil dan memilih peran sesuai dengan passion dirinya. Kesempatan untuk menjadi diri sendiri lalu berbagi menebar manfaat,” kata Founding Mother Hexagon City, Septi Peni Wulandani, Jumat (12/2/2021).

Semua memiliki persamaan dalam mengambil peran, baik sebagai pembicara maupun peserta.

Tim Marcomm Hexagon City, Indah Laras, mengklaim bahwa sebagai Virtual Conference Hexagon City menjadi yang pertama dan terbesar. Karena adanya perbedaan yang mencolok antara Hexagon City Virtual Conference dengan virtual conference yang
biasa diadakan selama pandemi ini.

Sudah umum setiap konferensi diatur dan dikelola oleh panitia. Dari mulai pencarian pembicara atau narasumber, lalu penyebaran undangan serta promosi.

“Sementara dalam pelaksanaan Hexagon City Virtual Conference, kami menggunakan metode Open Space Technology. Yaitu metode yang mengumpulkan orang-orang yang memiliki disiplin diri lalu melakukan aktivitas bersama. Di sini semua orang yang terlibat akan memiliki kesempatan untuk berbagi sisi terbaik yang dimiliki oleh masing-masing individu. Semua orang sama diberi kesempatan sebagai pembicara dan pembelajar. Memberikan ilmu sebagai pembicara dan menyimak sebagai partisipan,” terangnya, seperti dalam rilis yang diterima halosemarang.id.

Selain pembicara, kata dia, partisipan dibagi dalam tiga kategori sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka. Yaitu, kategori speaker, sebagai pembicara dalam virtual conference, Participant, Hexagonia sebagai peserta konferensi.

“Lalu, Bumble Bee adalah Hexagonia yang menghadiri beberapa program untuk belanja gagasan dan ide. Kemudian butterfly, Hexagonia yang menghadiri program lalu berhenti tidak melakukan aktivitas lainnya,” katanya.

Perbedaan kategori ini, lanjut dia, akan diidentifikasi penggunaan twibbon. “Dengan cantumkan image ke-empat twibbon. Metode Open Space Technology ini kami gunakan dalam konsep Virtual Conference sehingga para calon pembicara melakukan persiapan secara mandiri,” imbuhnya.

Langkah awal yang harus para calon pembicara lakukan adalah mengisi formulir pendaftaran secara online, sekaligus memilih slot waktu dan platform media yang sudah disediakan. Semua program berdurasi sama, satu jam. Sehingga para peserta konferensi tahu bahwa pada jam yang sama sedang berlangsung enam program interaktif.

“Mereka tinggal melihat jadwal yang terpampang dengan informasi lengkap. Nama pembicara, topik, highlight dari materi yang disampaikan, serta media yang digunakan. Semua program terbuka untuk umum. Platform media yang akan digunakan adalah Fanpage, YouTube, Radio, Zoom, Instagram, Whatsapp, serta Telegram,”paparnya.

Pada hari pertama virtual conference, Senin, 8 Februari 2021 ada sebanyak 100 speakers yang mendaftarkan diri.

“Topik sangat beragam, mengingat background yang dimiliki oleh Hexagonia. Ada ibu rumah tangga, praktisi Homeschool, praktisi Sustainable living, dokter, dosen, counsellor, guru, kepala sekolah, penulis, fotografer, mahasiswa pasca sarjana dan banyak lagi. Sedangkan domisili pembicara tersebar dari Aceh hingga Papua, juga dari luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Jepang, Timur Tengah, Eropa serta Amerika. Semuanya hanya terjadi di Hexagon City Virtual Conference,”pungkasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.