in

Heri Pudyatmoko Minta Pemprov Jateng Matangkan Kesiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak 2024

Wakil Ketua DPRD Jateng, Heri Pudyatmoko.

HALO SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah diminta mematangkan kesiapan pelaknsanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024. Pilkada yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024, akan dihelat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Total ada 36 Pilkada di seluruh Jawa Tengah, dengan rincian 35 Pilkada untuk memilih kepala daerah baik bupati dan wali kota, serta satu pelaksanaan Pilkada Jateng untuk memilih gubernur dan wakil gubernur.

Maka untuk itu, Wakil Ketua DPRD Jateng, Heri Pudyatmoko meminta agar persiapan terus dimatangkan, baik dari sisi pendanaan, kesiapan penyelenggara pemilu, serta pengamanan. Mengingat pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 ini akan menyita banyak energi bagi penyelenggara pemilu, petugas keamanan, dan tentunya membutuhkan pendanaan yang tak sedikit.

“Setelah penyelenggaraan Pilpres, Pileg hingga pemilihan DPD berlangsung sukses, diharapkan Pilkada Serentak bisa berjalan lebih baik dan lebih sukses. Tentunya perlu adanya upaya peningkatan kualitas Pemilu, dengan melakukan langkah evaluasi, perbaikan dari kekurangan pelaksanaan Pemilu sebelumnya,” kata politisi Partai Gerindra yang biasa disapa Heri Londo ini, Senin (29/4/2024).

Ia berharap, pada Pilkada Serentak 2024 ini, tingkat partisipasi bisa lebih tinggi dari Pemilu yang dilaksanakan Februari 2024 lalu, dari target 80 persen dapat tercapai 82 persen.

Satu hal yang harus menjadi perhatian, masih adanya petugas Pemilu yang meninggal dunia pada pemilihan umum kemarin. Tercatat sekitar ada 67 orang petugas Pemilu yang meninggal dunia di Jateng. Mereka meliputi 35 orang petugas KPPS, kemudian ada pengawas pemilu, petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih), hingga 13 orang dari Linmas.

Total Anggaran Rp 1 Triliun

Dalam paparan Kesbangpol Jateng mencatat, total pendanaan Pilkada serentak yaitu total Rp 1.055.568.672.000. Dengan rincian, KPU Jateng Rp 791.608.630.000; Bawaslu Jateng Rp 193.717.870.000, Polda Jateng Rp 62.696.843.000, dan Kodam IV Diponegoro Rp 7.545.329.000.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mendukung penuh penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 di wilayahnya.

“Kami dari Pemprov mendukung penuh pelaksanaan Pilkada. Beberapa hal sudah kami lakukan. Hibah keuangan kepada KPU Jateng, Bawaslu Jateng, dan TNI, Polri, baik tingkat provinsi dan kabupaten sudah selesai (diserahkan),” kata Nana usai Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah di Klenteng Sam Poo Kong, Kota Semarang Sabtu, 27 April 2024 malam.

Pada penyelengaaraan ini, Pemprov Jateng telah memberikan hibah untuk KPU Jateng, Bawaslu Jateng, Polda Jateng, dan Kodam IV/Diponegoro sebesar Rp 7.545.329.000.

Pemprov Jateng juga siap mendukung penyiapan data pemilih, salah satunya dengan menggenjot perekaman e-KTP untuk pemilih pemula.

“Ini terus kami lakukan dan koordinir sampai tingkat kabupaten/kota. Batasnya bagi pemilih pemula adalah ketika usia mereka 17 tahun pada saat pemungutan suara tanggal 27 November 2024,” jelas Nana.

Dalam hal pengamanan, pihaknya juga siap mengerahkan personel Satpol PP untuk membantu pengamanan dan pengawalan tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024. Mereka akan menjalin sinergisitas dengan TNI dan Polri untuk pelaksanaan pengamanan.

Dalam kesempatan itu, Nana berpesan agar penyelenggara pemilu, TNI, dan Polri menyiapkan tahapan Pilkada Serentak dengan baik, agar pelaksanaan berjalan lancar, tertib, dan kondusif.(Advetorial-HS)

Pemprov Jateng Terima 55 Ribu Usulan Program dalam Musrenbang 2024

Lepas Status Internasional, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang Kini Jadi Airport Domestik