in

Herd Immunity Menjadi Target Pemkab Kendal Dalam Penanganan Pandemi

Vaksinasi di Stadion Utama Kendal.

 

HALO KENDAL – Lima sentra vaksinasi yang difokuskan Pemerintah Kabupaten Kendal dengan cara pendaftaran secara online, ternyata mendapat sambutan baik dari masyarakat.

Dokter Didik Setiyadi Kusumo dari RSUD Soewondo Kendal mengatakan, upaya Pemerintah Kabupaten Kendal dengan membuka pendaftaran vaksinasi secara online ini berdampak positif.

“Terbukti mendapat respon dan antusias yang baik dari masyarakat,” ujarnya, Senin (26/7/2021).

Menurutnya, vaksinasi adalah salah satu cara untuk mengatasi pandemi Covid-19 dengan konsep herd immunity. Dengan melakukan vaksinasi massal minimal 70 persen dari jumlah penduduk, diharapkan bisa mendapatkan herd immunity atau kekebalan kelompok.

“Selain itu harus dilakukan percepatan vaksinasi supaya tidak dikejar mutasi virus yang terus terjadi. Pelaksanaan vaksinasi untuk mencapai target 70 persen ini harus cepat,” ungkapnya.

Sementara itu Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kendal, M Nur Sidik mengatakan, untuk percepatan vaksinasi, Pemkab Kendal telah menyediakan lima sentra vaksinasi.

“Tiap sentra vaksinasi per hari bisa melakukan vaksinasi sebanyak 500 sampai 1.000 orang lebih,” ujarnya.

Dengan percepatan vaksinasi ini, lanjut Nur Sidik, ditargetkan pada akhir Agustus mendatang sudah tercapai target 70 persen.

“Kepada masyarakat yang kondisinya sehat wajib melakukan vaksinasi, tidak usah takut, karena manfaatnya untuk kekebalan dirinya sendiri dan kekebalan kelompok,” harapnya.

Selain itu, masyarakat diimbau untuk mematuhi anjuran pemerintah terkait aturan PPKM, menjalankan protokol kesehatan 5 M.

“Segera mengikuti vaksinasi, untuk mencapai 70 persen, saling bantu melalui program jogo tonggo dan jangan lupa berdoa,” pungkas Nur Sidik.(HS)

Share This

Pemprov Jateng Siapkan Bansos untuk 133.555 Pedagang Terdampak PPKM

Cristin E Caroline Memilih Geluti Bisnis Pakaian Online