in

Herbal Unggas Antar Irfan Juarai TTG Kota Pekalongan

Para pemenang lomba TTG Kota Pekalongan 2021, berfoto bersama setelah penyerahan hadiah. (Foto : Pekalongankota.go.id)

 

HALO PEKALONGAN – Warga Kelurahan Setono, Kecamatan Pekalongan Timur, Irfan Maulana, menjuarai Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) tahun 2021 Tingkat Kota Pekalongan, melalui proposal bertajuk “Bioterma Herbal Untuk Unggas”.

Dia menyisihkan dua finalis lain, yakni Nur Hidayah dari Kelurahan Noyontaansari. Nur yang keluar sebagai juara dua, mengusung TTG berjudul “Pemanfaatan Kulit Gori sebagai Pewarna Tekstil”. Adapun untuk juara tiga, adalah Budi Utomo dari Kelurahan Padukuhan Kraton, dengan Judul TTG “Alat Deteksi Dini Banjir dan Rob Integrasi Web”.

Penyerahan trofi dan hadiah, dilaksanakan oleh Plt Kepala DPMPPA Kota Pekalongan, Sabaryo Pramono SSos MSi.

Dalam kesempatan itu, Sabaryo berharap lomba ini menjadi pemicu warga lain untuk mengembangkan TTG. Dengan demikian akan bermunculan inovasi TTG lain yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Pekalongan.

Peternak sekaligus inovator teknologi “Bioterma Herbal Untuk Unggas”, Irfan Maulana, seperti dirilis Pekalongankota.go.id mengatakan telah mengembangkan inovasi tersebut sejak dua tahun silam. Produk yang dia ciptakan, juga telah diujicobakan pada ternak peliharaannya, dengan hasil sangat memuaskan.

Adapun keunggulan teknologi yang dia ciptakan, adalah bahan berupa rempah-rempah mudah didapat di Kota Pekalongan. Selain itu, herbal unggas dapat meningkatkan ketahanan unggas, meningkatkan produktivitas, serta ramah lingkungan. Untuk pengolahannya juga sangat sederhana, hanya melalui proses direbus dan difermentasikan.

Meskipun menggunakan bahan murah dan sederhana, namun Irfan mengklaim hasilnya sangat memuaskan. Dari uji coba yang telah dilakukan, terdapat penurunan jumlah kematian ternak sampai 50 persen. Adapun dari sisi produktivitas untuk ayam petelur, dapat meningkat sampai 15 persen. (HS-08)

Share This

Prakiraan Cuaca Semarang dan sekitarnya pada Jumat (12/11/2021)

Pemkab Pekalongan Dorong Petani Kembangkan Budi Daya Udang Vaname