in

Hendi Tagih Pembangunan Embung ke Developer

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi saat meninjau banjir di Kecamatan Tembalang, Rabu (26/12)

 

SEMARANG – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi tagih janji para developer untuk membuat embung. Hal ini menyusul terjadinya banjir bandang yang terjadi di wilayah Meteseh, Sendangmulyo, dan Bulusan, Kecamatan Tembalang, yang disebabkan luapan air dari sungai, Selasa (25/12).

“Saya akan minta beberapa developer, untuk secepatnya melunasi utangnya terkait pembangunan embung, seperti Bukit Kencana Jaya dan beberapa perumahan seperti di Dinar ini,” Katanya, Rabu (26/12).

Oleh karena itu, melalui Wakil Wali Kota Semarang dan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, pihaknya akan mendorong untuk perumahan-perumahan yang ada di wilayah tersebut untuk segera merealisasikan pembuatan embung.

“Di luar itu pemeritah akan siap untuk membuat embung untuk penanganan air dari atas ke bawah supaya bisa ditampung,” tandasnya.

Lebih lanjut, Hendi sapaan akrabnya mengungkapkan, persoalan banjir di wilayah Tembalang sendiri saat ini menjadi catatan serius bagi Pemerintah Kota Semarang. Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan penguatan baik di tanggul Sungai Kedungwinong, Kelurahan Bulusan.

“Penanganan sementara sudah kami lakukan dengan membuat tanggul sementara, nanti akan kami perkuat,” katanya.

Adapun penyebab banjir yang melanda Meteseh dan Bulusan Kecamatan Tembalang itu, lanjut Hendi disebabkan adanya curah hujan yang cukup tinggi di wilayah atas, dan adanya penutupan sungai dengan tanggul buatan oleh masyarakat yang tujuannya sebagai pengairan sawah.

Sementara Plt Kabid Sumber Daya Air dan Draniase, Isworo mengatakan, pihaknya akan membuat kajian tentang pembuatan embung di beberapa titik di Kecamatan Tembalang. Selain koordinasi dengan kecamatan dan pihak kelurahan, pihaknya juga meminta pendapat dari masyarakat.

“Penanganan saat ini kami akan membersihkan drainase yang tersumbat agar aliran air menjadi lancar. Ke depan kami juga akan menambah kapasitas drainase jalan, agar air yang turun dari wilayah atas tak meluber ke jalan dan permukiman warga,” katanya.(Halo Semarang)

Tembalang Dihajar Banjir Bandang

Persoalan Banjir dari Wilayah Hulu Hingga Hilir Kota Semarang