in

Hendi Sebut Proyek SPAM Semarang Barat Project Prestisius Pemkot

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi meninjau proyek SPAM Semarang Barat yang telah rampung pengerjaannya dan beroperasi pada tahun 2021, Minggu (23/5/2021).

 

HALO SEMARANG – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menyebut proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Semarang Barat yang saat ini bisa rampung dan mulai beroperasi pada Mei tahun 2021, adalah salah satu proyek Pemkot Semarang yang prestisius.

Sebab, Proyek SPAM Semarang Barat ini menjadi proyek stategis nasional untuk menambah coverage atau cakupan wilayah dalam hal penyediaan air minum di Kota Semarang.

Di mana, proyek ini hasil kerja sama pemerintah dengan badan usaha senilai Rp 1,1 triliun, dan merupakan proyek dengan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) pihak ketiga di sektor air minum.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, dengan telah beroperasinya SPAM Semarang Barat ini tidak lepas dari dukungan semua pihak, yakni pemerintah pusat.

“Saya ucapkan terima kasih ke Bapak Presiden, Bu Menkeu, dan Pak Menteri PUPR, Pak Gubernur serta pihak lainnya yang telah mendukung proyek prestisius ini untuk Kota Semarang. Sehingga bisa rampung dan beroperasi memberi lebih banyak manfaat ke masyarakat,” kata Hendi, sapaan akrab Wali Kota Semarang, saat meninjau pengoperasionalan SPAM Semarang Barat, Minggu (23/5/2021).

Pemerintah Kota Semarang, kata Hendi, sudah lama merintis proyek ini, tepatnya sejak tahun 2015 lalu. Namun baru ada titik terangnya pada tahun 2018 lalu, dengan penandatanganan perjanjian pembangunan dari berbagai pihak.

“Dan tahun 2019 lalu, dimulai pengerjaan fisiknya. Ndelalah ada Covid-19, kita sempat pesimistis akan rampung. Tapi ternyata PT Air Semarang Barat (ASB) yang merupakan konsorsium dari perusahaan Aetra dan Medco, adalah perusahaan yang bonafide. Meski terdampak pandemi, tidak mengundurkan diri dari lelang ini. Justru terus melangkah, dan Alhamdulillah hari ini sudah beroperasi,” imbuh Hendi.

Menurut Hendi, adanya SPAM Semarang Barat, akan dimanfaatkan lebih banyak masyarakat dan mengaliri di Kecamatan Semarang Barat, Tugu dan Ngaliyan. Diharapkan juga bisa mencapai cakupan pelayanan air minum di Kota Semarang yang makin luas dan menjadi baik.

Sementara Direktur Utama PDAM Tirta Moedal Semarang, Yudi Indarto mengatakan, pembangunan SPAM Semarang Barat saat ini telah rampung dan mulai beroperasi pada Mei 2021. Dengan perjanjian jangka waktu operasional selama 25 tahun ke depan, dan dua tahun masa kontruksi.

“Air bakunya diambil dari Waduk Jatibarang, sedangkan untuk kapasitas SPAM Semarang mencapai 1000 liter/detik, namun saat ini kapasitasnya baru sekitar 248 liter/detik. Pada tahun pertama dan ke depannya ditingkatkan lagi kapasitasnya secara bertahap,” katanya.

Saat uji coba selama dua minggu ini, lanjut dia, aliran airnya dimanfaatkan untuk perbaikan pelayanan pelanggan maupun sambungan baru.

“Namun untuk pelanggan baru di area eksisting PDAM, yang masih kosong. Nantinya ke depan juga akan melayani di luar area di tiga kecamatan, yakni Semarang Barat, Tugu dan Ngaliyan,” pungkasnya.(HS)

Share This

Berikan Layanan Prima, Kades Pucangrejo Dapat Pujian Dari Wakil Bupati Kendal

Pantai Marina Kota Semarang Alami Penurunan Pengunjung