Hendi: Salat Tarawih Berjamaah Diperbolehkan, Tapi..

Rapat koordinasi (Rakor) Forkompimda Kota Semarang yang membahas perkembangan situasi menjelang bulan Ramadan 1442 H dan pengendalian Covid-19, Selasa (6/4/2021).

 

HALO SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang memperbolehkan kegiatan ibadah Salat Tarawih berjamaah di masjid dengan pembatasan 50 persen dari kapasitas, dan tetap menjaga jarak.

Ketentuan itu, sesuai dengan surat edaran dari Kementerian Agama terkait pelaksanaan ibadah Salat Tarawih di rumah ibadah yang tetap bisa dijalankan, meski masih di tengah situasi pandemi Covid-19.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, pihaknya memberikan kelonggaran kegiatan sosial budaya maupun keagamaan, khususnya pelaksanaan ibadah Salat Tarawih di masjid saat bulan suci Ramadan. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Kami berencana menggelar tarwih keliling di tingkat Forkompimda saja, seperti di Masjid Pemkot, Kodim danPolrestabes serta Kejaksaan Negeri dan sebagainya. Sedangkan untuk tarling tingkat kecamatan tahun ini ditiadakan,” kata Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi.

Sementara itu, Ketua MUI Jateng, Achmad Darodji mengatakan, pihaknya mengimbau umat muslim untuk menjalankan ibadah Puasa dengan sebaik-baiknya. Meski angka penularan Covid-19 yang sudah menurun, protokol kesehatan tetap harus diperhatikan.

Untuk ibadah Salat Tarawih, kata dia, tetap dilaksanakan, namun mengikuti protokol kesehatan ketat. Yaitu memakai masker, cuci tangan, jaga jarak.

“Dan kami minta masjid tidak menggelar karpet, untuk menghindari penularan Covid-19. Jamaah dianjurkan untuk membawa sajadah sendiri dari rumah masing-masing,” imbuhnya.

Biasanya, lanjut dia, musala juga dipakai untuk Salat Tarawih, namun tentunya harus dengan tetap menjaga jarak.

“Sedangkan di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Masjid Besar Kauman Semarang, dan Baiturrohman diharapkan ada pengamanannya, terkait dengan penerapan prokes jamaah yang akan salat,” pungkasnya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.