in

Hendi Perkenalkan Durian Momi, Durian Unggulan Kota Semarang

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi memperkenalkan durian momi (motong Mijen) sebagai salah satu produk buah unggulan Kota Semarang.

 

HALO SEMARANG – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi memperkenalkan durian momi (motong Mijen) sebagai salah satu produk buah unggulan Kota Semarang. Buah durian dengan ukuran besar dan rasa yang manis bercampur rasa pahit itu diperkenalkan Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi saat mengunjungi Nirwana Stable yang berada di Desa Purwosari, Mijen, Semarang, Selasa (15/1).

“Potensi buah durian di Mijen ini sangat besar. Bahkan bisa bersaing dengan daerah lain. Salah satunya buah durian momi ini. Rasanya tak kalah dengan durian motong import,” katanya.
Selain kebun durian, Kecamatan Mijen juga memiliki tempat wisata yang layak dipromosikan ke luar daerah. Salah satunya Nirwana Stable. Tak hanya menawarkan wisata menunggang kuda saja, di tempat ini juga ada fasilitas wisata edukasi bagi anak-anak usia PAUD dan TK.

Wisata edukasi terdiri dari lima kegiatan yang bisa diikuti oleh anak-anak.Pengunjung juga akan diajarkan proses menanam tumbuhan, mulai dari media tanah dengan pupuk, penyiraman, sampai proses memetik. Selanjutnya, anak-anak akan dikenalkan dengan stable manajemen.

“Yaitu pengenalan tata ruang kandang peternakan kuda, ventilasi udara, dan fasilitas lainnya,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang, Wahyu Permata Rusdiana mengatakan, Kecamatan Mijen mejadi salah satu wilayah yang berpotensial penghasil buah-buahan unggulan. Buah unggulan dari Mijen yakni kelengkeng, jambu kristal, hingga durian.

“Untuk buah durian, Mijen menjadi primadona jujukan pecinta buah berduri yang ada di Semarang maupun luar Kota Semarang. Saat ini potensi buah durian pertahun mencapai 50 ribu ton dengan jumlah pohon sekitar 300 ribu pohon yang berpotensi berbuah. Beberapa jenis buah durian asal Kota Semarang yang menjadi primadona di antaranya yakni durian kholil, si dandang, ketan, tembaga, hingga durian motong Mijen (momi),” imbuh Rusdiana.(Halo Semarang)

Pembangunan Taman Kedondong Segera Dilanjut

Ganjar Tantang Pelindo Dongkrak Transportasi Laut