in

Hendi: Pemkot Siapkan Tempat Karantina bagi Warga Luar Kota yang Mudik ke Kota Semarang

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi saat diwawancarai awak media.

 

HALO SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang telah menyiapkan tempat untuk karantina bagi warga luar yang akan mudik ke Kota Semarang, yakni di Rumah Dinas Wali Kota.

Begitu juga, bagi warga dari luar kota yang lolos dan telah mudik awal ke Kota Semarang wajib untuk melakukan isolasi diri.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, selain menyiapkan ruang karantina, dirinya juga telah membuat surat edaran melarang aparatur sipil negara (ASN) untuk mudik. Di samping itu, pihaknya juga melarang warga yang tinggal di luar kota untuk mudik ke Semarang.

“Kebijakan yang mengatakan melarang mudik kami amankan. Kami persiapkan sanksi-sanksi bagi ASN yang tetap mudik. Kami juga sudah siapkan ruang karantina bagi warga dari luar,” ujar Hendi, sapaannya, Jumat (23/4/2021).

Hendi menjelaskan, Pemkot Semarang telah menyiapkan tenda karantina di Rumah Dinas Wali Kota Semarang. Bahkan, pihaknya sudah memikirkan untuk membuka ruang karantina baru di gedung diklat.

“Kami sudah pikirkan itu. Misal, karantina di rumah dinas 5×24 jam, kami sudah siapkan,” imbuh Hendi.

Kewajiban melakukan karantina, lanjut Hendi, juga berlaku bagi pelaku perjalanan yang melakukan mudik lebih awal. Dia meminta para pemudik awal tidak langsung tinggal di kampung yang dituju guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Kalau hari ini mudik harus karantina, jangan langsung masuk ke kampung. Harus punya surat keterangan sehat. Kami siapkan di rumah dinas. Kalau mau karantina di tempat lain boleh tapi jangan di kampung itu,” pungkas Hendi.(HS)

Share This

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Jumat (23/4/2021)

Kopi Arab, Menu Khas Buka Puasa di Masjid Layur Semarang