in

Hello Campus Jadi Sarana Mahasiswa Baru Udinus Mengenal Perkuliahan

Rektor Udinus, Prof Dr Ir Edi Noersasongko MKom membuka kegiatan Hello Campus Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Selasa (10/8/2021).

 

HALO SEMARANG – Hello Campus yang digelar Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang sukses digelar dan diikuti ribuan mahasiswa secara daring. Kegiatan tersebut sebagai sarana mahasiswa untuk mengenal kampus lebih dalam dan lebih memahami pengetahuan dasar pada jurusan yang dipilih.

Selasa (10/8/2021), kegiatan Hello Campus diikuti oleh 1748 mahasiswa Udinus angkatan 2021 yang telah melakukan daftar ulang sampai dengan 11 Juni 2021 lalu.

Hello Campus merupakan sebuah program pengganti matrikulasi, di mana sebelumnya kegiatan matrikulasi diadakan dengan cara tatap muka dengan dosen di dalam kelas.

Dalam matrikulasi tersebut mereka mendapatkan berbagai pengetahuan mulai dari ilmu tentang kegiatan yang ada di dalam kampus, hingga informasi mengenai literasi informasi, media sosial, dan serta kegiatan akademik lainnya.

Rektor Udinus, Prof Dr Ir Edi Noersasongko MKom mengatakan, kegiatan Hello Campus ini menjadi salah satu kegiatan positif bagi mahasiswa baru di tengah pandemi Covid-19. Berbagai materi perkuliahan dasar akan didapatkan oleh para mahasiswa dan nantinya juga mereka akan menghadapi Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester secara daring.

“Mahasiswa baru akan mendapat matrikulasi secara daring melalui kegiatan Hello Campus. Manfaatnya adalah mahasiswa mendapat dua SKS penuh lebih awal dari lainnya. Selain itu, matrikulasi yang dilakukan secara daring ini tentunya mampu meningkatkan keaktifan mahasiswa di tengah situasi saat ini,” papar Edi Noersasongko.

Seluruh peserta Hello Campus dapat mengikuti rangkaian acara melalui channel youtube TVKU yang disiarkan secara live. Mahasiswa baru yang terdaftar dalam kegiatan tersebut dibagi atas beberapa kelompok, dan dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh bersama pembina masing-masing kelompok melalui forum KULINO. Mahasiswa yang ingin mengetahui info lebih lanjut, bisa melalui website dinus.org/matrikulasi.

Sementara itu, Wakil Rektor I bidang Akademik Udinus, Prof Supriadi Rustad juga mengisi Hello Campus dengan topik kebijakan dan budaya akademik. Materi tersebut merupakan materi baru yang diberikan di Hello Campus kali ini.

Dalam materinya, ia mengungkapkan bahwa kurikulum Udinus yang terbaru telah dirancang untuk mengawal mahasiswa Udinus dapat lulus tepat waktu. Ia juga mengingatkan agar mahasiswa baru Udinus agar belajar keras, terpantau dan sistematis agar mampu lulus tepat waktu.

“Kami tegaskan, pedoman kurikulum terbaru ini tidak hanya fokus pada perkuliahan di masa pandemi tetapi juga untuk perkuliahan secara umum. Target jangka panjang kami, akreditasi Udinus yang semula A menjadi akreditasi Unggul. Ciri-cirinya beberapa program studi terakreditasi internasional,” tegasnya.

Di Jawa Tengah, Udinus menjadi universitas nasional pertama yang mendapat akreditasi A dan berbagai program studi telah terakreditasi A. Selain itu Udinus menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Jateng versi Webometric pada Januari 2021 lalu.(HS)

Share This

Mahasiswa KKN Undip Beri Sosialisasi Literasi Digital dan Penggunaan Ponsel Pintar

Bea Cukai Tanjung Emas dan BNN, Juga Gagalkan Penyelundupan 148,3 Gram Sabu-sabu Asal Malaysia