in

HBN Dongkrak Kunjungan Museum Batik Kota Pekalongan

Pengunjung melihat-lihat koleksi di Museum Batik Kota Pekalongan. (Foto : Pekalongankota.go.id)

 

HALO PEKALONGAN – Pada momen peringatan Hari Batik Nasional (HBN) tahun 2021 ini, jumlah pengunjung Museum Batik Pekalongan meningkat, dari biasanya hanya 20 orang per hari, menjadi sekitar 100 pengunjung.

“Dulu seusai HBN, ada pekan batik yang membuat pengunjung dari berbagai daerah datang. Karena ada pandemi dan pekan batik ditiadakan, jumlah kunjungan pun menurun. Alhamdulillah saat ini Museum Batik sudah dibuka kembali, dengan harapan membangkitkan masyarakat untuk melestarikan Batik,” kata Tour Guide Museum Batik Kota Pekalongan, Passatimur Fajar Dewa, Rabu (6/10), seperti dirilis Pekalongankota.go.id.

Menurut Dewa, jumlah 100 pengunjung dalam sehari sudah banyak. Dia berharap ini menjadi awal kebangkitan kembali Museum Batik. “Kemaren yang banyak datang adalah masyarakat umum. Ada juga pelajar dan rombongan ibu-ibu isteri TNI,” kata Dewa.

Sebelumnya Museum Batik juga disibukkan dengan aktivitas lomba peringatan HBN seperti lomba menyolet, dan ini masih berlangsung juga lomba vlog.

“Lomba Nyolet Warna Batik tingkat TK/RA sudah terlaksana dengan kuota 100 peserta. Pemenang juga sudah diumumkan. Adapun penilaian dilihat dari kerapian dan pemilihan warna,” papar Dewa.

Lanjut Dewa menyebutkan, lomba membatik juga digelar untuk tingkat SMP, SMA, dan umum.  Kuota untuk pelajar 100 orang dan umum hanya 50 orang. “Untuk lomba vlog dengan tema Bangkitlah Batik Indonesia untuk kategori pelajar dan umum,” kata Dewa. (HS-08)

Share This

Habib Luthfi Minta Para Tokoh Edukasi Masyarakat Agar Tak Phobia Pada Covid-19

44 Pemuda Mendaftar Pemilihan Duta Wisata Kota Pekalongan