Hasil Rapid Test Ditemukan Pengunjung Reaktif, Kawasan Wisata Bendungan Juwero Disemprot Disinfektan

Petugas PMI Kendal didampingi pihak kepolisian melakukan penyemprotan disinfektan di area bermain anak yang ada di Juwero Hills Desa Triharjo, Gemuh, Kendal, Kamis (23/7/2020).

 

HALO KENDAL – Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) Kecamatan Gemuh, Kendal, melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi yang kerap dijadikan tempat berkumpul masyarakat. Hal ini dilakukan guna mencegah penularan Covid-19.

Salah satunya kawasan Juwero Hills Desa Triharjo, Gemuh, Kendal yang menjadi sasaran utama penyemprotan. Pasalnya, tempat tersebut merupakan tempat berkumpulnya warga dari berbagai daerah di Kendal untuk melihat pemandangan bendungan dan asrinya hutan sekitar.

Relawan SIBAT Kecamatan Gemuh, Kiswanto mengatakan, kegiatan ini juga dilakukan setelah meningkatkan jumlah angka positif di Desa Triharjo dan banyaknya warga dari berbagai daerah yang berwisata ke Bendungan Juwero setiap akhir pekan.

“Yang diutamakan dalam penyemprotan ini adalah fasilitas umum seperti sekolah dan musala, serta Juwero Hilla yang menjadi titik keramaian di Desa Triharjo,” ujar Kiswanto yang juga Sekdes Triharjo.

Menurutnya, dari hasil rapid tes beberapa hari lalu yang dilaksanakan di lokasi ini, ada pengunjung yang reaktif. Akhirnya lokasi yang menjadi tempat wisata dadakan itu disempot fasilitasnya, seperti kursi dan tempat bermain anak-anak.

“Tidak hanya lokasi yang kerap dikunjungi masyarakat saja yang disemprot disinfektan oleh relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kendal, sejumlah fasilitas umum lainnya seperti sekolah dan musala juga dilakukan penyemprotan,” terangnya.

Dijelaskan, lingkungan sekitar lokasi wisata Juwero Hills mulai dari jembatan gantung dan permukiman warga tidak luput dari penyemprotan. Menurutnya ini dilakukan semata-mata untuk mencegah penularan corona.

“Tidak hanya fasilitas umum dan jalan masuk desa menuju ke lokasi wisata Juwero Hills saja, bahkan di sekitar rumah warga tak luput dari penyempotan. Karena warga kami ada yang positif, sehingga untuk mencegah penularan dilakukan penyemprotan,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kapolsek Gemuh AKP Abdullah Umar mengatakan, pihaknya terus mengimbau kepada warga untuk selalu mematuhi protokol kesehatan jika berkunjung ke tempat keramaian.

“New normal yang mulai diberlakukan jangan menjadikan warga terlena dengan protokol kesehatan. Tetap menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker saat berada di luar rumah,” jelasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.