in

Hasil Panen Bagus, Pesanan Alat Perajang Tembakau Ramai

Calon pembeli sedang memilih alat perajang tembakau di Desa Lumansari, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal.

 

HALO KENDAL – Hasil panen tembakau di Kabupaten Kendal saat ini cukup baik. Hal ini dapat terlihat dari kualitas tembakau yang dihasilkan pada awal masa panen.

Hal inilah yang memunculkan ide warga Desa Lumansari, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal, Kamsanto, untuk menjual mesin rajang tembakau buatan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
Menurut Kamsanto, di tengah momen panen raya ini, mesin yang ia tawarkan kepada para petani tembakau di Kendal sangat diminati.

“Saat ini para petani tembakau di Kendal lagi panen raya. Saya mencoba menjual mesin rajang seharga Rp 8,5 juta per-unit, pesanan pun banyak,” ungkapnya, Sabtu (4/9/2021).

Kamsanto juga mengaku, memasarkan mesinnya melalui media sosial seperti Facebook dan WhatsApp.

Alhamdulillah, sampai saat ini sudah terjual 72 unit mesin. Teman-teman juga mendukung sekaligus membantu memasarkan secara door to door kepada petani tembakau,” jelasnya

Kamsanto menyebut, bahwa produk yang dipasarkannya bisa dibayar langsung ataupun diangsur sesuai kesepakatan.

Bahkan, dirinya juga menambahkan modifikasi tambahan dengan fasilitas tarikan dan roda.

“Di Kendal pemasaran yang laku paling cepat di desa-desa yang ada di Kecamatan Ringinarum dan Kecamatan Kangkung,” imbuh Kamsanto.

Sementara itu, salah seorang petani tembakau asal Gemuh, Mulyono (36), yang memakai alat perajang mengaku, dirinya sangat terbantu dengan kehadiran mesin tersebut.

“Alat ini sangat membantu pekerjaan merajang tembakau. Selain cepat juga bisa meringankan tenaga. Tidak seperti alat rajang tembakau tradisional,” ujarnya.(HS)

Share This

Laga Pertama PS Sleman di Liga, Lawan Juara Piala Menpora 2021

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Minggu (5/9/2021)