Hartopo Pastikan Kebutuhan Warga Terdampak Banjir di Kudus Terpenuhi

Pelaksana Tugas Bupati Kudus HM Hartopo, meninjau lokasi banjir di Desa Setrokalangan, Kecamatan Kaliwungu. (Foto: Jatengprov.go.id)

 

HALO KUDUS – Untuk memastikan terpenuhinya semua keperluan warga terdampak banjir, mulai dari tempat pengungsian, dapur umum, tenaga kesehatan, serta obat-obatan yang dibutuhkan, Pelaksana Tugas Bupati Kudus HM Hartopo, meninjau lokasi banjir di Desa Setrokalangan, Kecamatan Kaliwungu.

“Sejauh ini, kami telah berupaya mengantisipasi limpasan banjir dengan mempersiapkan tempat pengungsian, dapur umum, obat-obatan dan tenaga medis yang siap 24 jam. Selain itu kami akan mempersiapkan perahu karet yang stand by untuk mobilitas warga yang membutuhkan,” jelas Hartopo, seperti dirilis Jatengprov.go.id, Senin (1/2).

Banjir yang yang merendam empat desa di Kecamatan Kaliwungu, merupakan kiriman dari Kabupaten Grobogan.

- Advertisement -

“Banjir ini merupakan dampak kiriman air dari Kabupaten Grobogan, yang mengakibatkan pintu air Bendung Wilalung di Kecamatan Undaan, melimpah mencapai ketinggian 833 kubik per detik, sehingga berimbas banjir di desa Setrokalangan dan tiga desa lainya di Kecamatan Kaliwungu,” terangnya.

Ditambahkan, pihaknya selalu berkoordinasi dengan pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), untuk mengantisipasi terulangnya limpasan air yang dapat berakibat banjir, serta terkait pemeliharaan tanggul sungai.

“Karena sebagian besar wilayah sungai di Kabupaten Kudus adalah wewenang dari pihak BBWS, Kami berharap, jika memungkinkan pihak BBWS juga akan membuatkan embung nantinya di kecamatan Kaliwungu untuk meminimalisasi banjir serta nantinya dapat berfungsi sebagai tandon air yang dapat digunakan kalau musim kemarau untuk keperluan irigasi, kalau musim penghujan bisa buat tampungan air,” ungkapnya. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.