in

Berbagai Daerah Serentak Gelar Peringatan Harkitnas 2021

Wakapolres Blora Polda Jawa Tengah Kompol Dr Rubiyanto MSi, bersama Sekda Blora Komang Gede Irawadi, SE MSi, Forkopimda Blora, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) mengikuti secara virtual upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2021 dari pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Kamis (20/5). (Foto : Tribratanews.jateng.polri.go.id)

 

HALO SEMARANG – Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-113 tahun 2021, diperingati di berbagai daerah di Jawa Tengah. Bukan hanya di lembaga-lembaga pemerintah, peringatan juga dilaksanakan secara sederhana oleh warga masyarakat.

Informasi yang dihimpun Halo Semarang dari berbagai daerah, upacara peringatan, antara lain digelar di Surakarta. Jajaran Pemkot Surakarta, pagi tadi di Bale Tawangarum, mengikuti upacara peringatan yang digelar Kementerian Kominfo secara virtual.

Kegiatan bertema “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!” ini, diikuti Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka; Wawali Teguh Prakosa, Sekda Ahyani, Ketua DPRD, Danrem, Danlanud; dan Jajaran Forkompimda Kota Surakarta.

Kegiatan serupa juga digelar Pemkab Blora, di pendopo Rumah Dinas Bupati Blora. Hadir dalam acara itu Wakapolres Blora Polda Jawa Tengah Kompol Dr Rubiyanto MSi,  Sekda Blora Komang Gede Irawadi SE MSi mewakili Bupati Blora H Arief Rohman, Forkopimda Blora, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Seusai melaksanakan tabur bunga, Sekda Blora Komang Gede Irawadi SE MSi mengatakan generasi mudah harus memiliki semangat juang untuk maju. Menurutnya, Kebangkitan Nasional saat ini adalah kebangkitan teknologi.

“Bahwa Kebangkitan Nasional ini adalah ruh digitalisasi Indonesia yang lebih maju lagi. Saya kira ini harus kita peringati, jadikan momentum untuk melakukan perubahan-perubahan yang lebih baik,” kata Sekda Blora, Komang Gede Irawadi.

Dalam kesempatan itu, Komang juga mengingatkan semua pihak untuk terus menjaga kesehatan, terutama dari ancaman penularan Covid-19. “Harapan saya, walaupun di masa pandemi ini semangat Hari Kebangkitan Nasional harus tetap bergelora,” kata Sekda Blora.

Selain di Blora, peringatan Harkitnas 2021 secara virtual juga dilaksanakan oleh para pegawai di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Demak, di Pemkab setempat. Dalam kegiatan itu mereka tetap mematuhi protokol kesehatan, yaitu dengan menjaga jarak dan memakai masker.

Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional juga diikuti secara virtual oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tegal, Dessy Arifianto beserta jajaranya, dari Ruang Rapat Dinas Kominfo Kabupaten Tegal.

Demikian pula di Kabupaten Semarang, upacara diikuti Bupati Semarang H Ngesti Nugraha. Ikut mendampingi Bupati di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang, Wakil Bupati Semarang H Basari, Plt Kepala Diskominfo Alexander Gunawan, Kepala Disdikbudpora Sukaton Purtomo, dan pejabat lainnya.

Tak hanya para aparatur negara, peringatan Hari Kebangkitan Nasional 212i juga dilaksanakan sejumlah petani di Kelurahan Pangenjurutengah, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Pagi tadi mereka bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya, untuk menggugah cinta tanah air dan semangat untuk bangkit.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan, dan Perikanan Kabupaten Purworejo, Wasit Diono mengatakan para petani termasuk kelompok yang terkena dampak ekonomi wabah Covid-19.

Karena itu, bersama-sama seluruh bangsa perlu memiliki semangat untuk bangkit dari keterpurukan. (HS-08)

Share This

Peringatan Harkitnas 2021, Pramono Anung Ajak Bangkit untuk Indonesia Maju

Median dan Bahu Jalan Protokol Batas Kota Semarang Dipercantik