in

Hari Rabies Sedunia, Dinperpa Kota Pekalongan Gelar Vaksinasi Massal

Foto : Pekalongankota.go.id

 

HALO PEKALONGAN – Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pekalongan, menargetkan bisa melakukan vaksinasi antirabies pada 300 hewan peliharaan, 28-30 September 2021.

Vakinasi massal secara gratis di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kertoharjo ini, dilaksanakan selama jam kerja, mulai pukul 09.00.

Kepala Dinperpa Kota Pekalongan, Zainul Hakim SH MHum, mengatakan vaksinasi dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia atau World Rabies Day ini, merupakan bagian dari program pencegahan, pengendalian, dan pemberantasan rabies.

“Vaksinasi rabies massal ini diikuti hewan peliharaan jenis anjing, kucing, kera dan musang, dengan harapan Kota Pekalongan sebagai bagian dari Provinsi Jawa Tengah ini bisa mempertahankan predikat Wilayah Daerah Bebas Rabies. Pasalnya, daerah tetangga seperti Provinsi Jawa Barat dan Bali ini belum bebas rabies,” tutur Zainul seperti dirilis Pekalongankota.go.id.

Lebih lanjut dikatakan, selain penting untuk menjaga kesehatan, pemberian vaksin antirabies pada hewan peliharaan, juga akan memberikan perlindungan kepada manusia, dari dampak gigitan hewan dengan rabies.

Suntikan vaksin antirabies pada hewan, juga bisa mencegah risiko kematian hingga 100 persen pada manusia.

Menurut Zainul, animo masyarakat Kota Pekalongan pemilik hewan kesayangan untuk memvaksinasi hewan peliharaannya di Puskeswan sangat tinggi.

Terpantau hingga pukul 10.00 WIB sejak dibuka pelayanan vaksinasi rabies gratis ini mulai pukul 09.00 WIB sudah ada 25 orang pemilik hewan yang mengantre memvaksin hewan kesayangannya. Di antaranya ada yang membawa lebih dari satu hewan kesayangannya untuk divaksin rabies.

“Hal itu menunjukkan kepedulian pemilik hewan kesayangan sangat memiliki perhatian agar hewannya kebal dari rabies dan menjadikan keluarga pemilik hewan tersebut tidak tertular rabies akibat gigitan/air liur dari hewan peliharaannya. Alhamdulillah kegiatan vaksinasi rabies massal ini memang kami adakan secara rutin setiap tahun dan selalu mendapatkan animo dari masyarakat pecinta hewan di Kota Pekalongan,” tegas Zainul.

Sementara itu, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinperpa Kota Pekalongan, Ilena Palupi Spt MSi menambahkan penyakit rabies merupakan salah zoonosis nomor satu yang ditakuti di dunia.

Saat ini baru empat negara yang sudah bebas rabies yaitu Australia, Selandia Baru, Bangladesh, dan Belanda.

Proses vaksinasi pada hewan tak jauh berbeda dengan vaksinasi pada manusia, diawali pengecekan suhu tubuh, pemeriksaan kesehatan hewan, lalu disuntik vaksin.

“Penyakit ini sangat mematikan khususnya apabila menularkan kepada manusia yang terkena gigitan anjing. Sehingga, penyakit rabies ini diprioritaskan untuk diperangi bersama dengan pelaksanaan vaksinasi hewan. Pasalnya, kami masih menerima laporan adanya kasus gigitan anjing yang perlu segera ditangani dan mendapat perhatian khusus,” imbuh Ilena.

Lebih lanjut, dalam pelaksanaan kegiatan vaksinasi rabies massal ini dibantu oleh para veteriner dan paramedik hewan profesional dan berkompeten. Ilena mengajak masyarakat untuk Kota Pekalongan untuk berperan aktif memerangi penyakit rabies dengan datang untuk melakukan vaksin hewan.

“Untuk masyarakat yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing,kucing,kera,musang dan sebagainya bisa memanfaatkan fasilitasi kegiatan vaksinasi rabies massal ini dengan datang langsung ke Puskeswan Kertoharjo agar hewan kesayangannya bisa mendapatkan suntikan vaksin rabies. Selain itu, kami juga turun ke lapangan untuk sasaran utamanya hewan anjing liar agar bisa divaksin. Untuk kuota per hari nya,kami tidak menargetkan harus berapa ekor,paling tidak bisa 50 ekor hewan,karena tidak semua hewan yang dibawa kesini bisa divaksin. Hewan akan diperiksa terlebih dahulu seperti dalam kondisi sehat/tidak, hamil ataukah tidak dan dilakukan pengecekan suhu tubuhnya,” papar Ilena.

Kegiatan vaksinasi rabies gratis ini mendapatkan apresiasi oleh salah satu pemilik hewan,bernama Mei Nila,warga Medono yang datang ke Puskeswan untuk memvaksin kucing kesayangannya. Mei mengaku mendapatkan informasi vaksinasi rabies ini melalui akun facebook pecinta kucing pekalongan.

“Alhamdulillah,Saya sangat menyambut baik adanya vaksinasi rabies untuk hewan-hewan kesayangan seperti kucing,anjing,kera,dan sebagainya. Kegiatan ini sangat bagus agar kesehatan hewan kami bisa terpantau dan kebal terhadap penyakit rabies. Saya memang sudah sering mengikutsertakan kucing kesayangan saya, Unyil (9 bulan) untuk bisa rutin divaksin agar terbebas dari rabies dan penyakit hewan berbahaya lainnya,” kata dia. (HS-08)

Share This

Pelajar SLB Batang Antusias Ikuti Simulasi PTM Terbatas

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Rabu (29/9/2021)