in

Hari Pertama Rekapitulasi KPU Jateng, Jokowi Masih Unggul di Tiga Daerah Ini

Suasana hari pertama kegiatan Rekapitulasi KPU Provinsi Jawa Tengah berjalan lancar,  Senin (6/5/2019).

HALO SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah menggelar pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara di tingkat provinsi. Jadwal hari pertama, Senin (6/5/2019), dihitung rekapitulasi dari tujuh kabupaten/kota dipimpin langsung Ketua KPU Jawa Tengah, Yulianto Sudrajat.

Adapun tujuh kabupaten/kota itu, yakni Kabupaten Klaten, Rembang, Karanganyar, Kota Magelang, Kendal, Kabupaten Semarang, dan Blora. Dihitung dengan disaksikan masing-masing perwakilan saksi baik dari partai, caleg, ataupun yang mewakili.

Dari pantauan di lapangan, suasana rekapitulasi penghitungan berjalan kondusif, sejak penghitungan dimulai pada pukul 09.00, hingga pukul 15.30, baru tiga kabupaten yang selesai penghitungannya yaitu Kabupaten Kendal, Kabupaten Semarang, dan Kabupaten Rembang.

Dari tiga kabupaten itu, pasangan calom Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Bahkan Jokowi-Ma’ruf mampu merebut basis suara Prabowo-Sandiaga di Kabupaten Kendal. Perolehan suara sebanyak 493.100 suara untuk Jokowi-Ma’ruf, sedangkan Prabowo-Sandiaga mendapat perolehan sebanyak 134.639 suara.

Jokowi juga unggul jauh di Kabupaten Semarang, dengan perolehan 536.938 suara dibanding peroleh suara Prabowo yang mendapat 122.698.

Sementara di Kabupaten Rembang, suara Jokowi lagi-lagi menang mutlak. Rembang sendiri dikenal daerah identik dengan kaum santri. Di Rembang Jokowi mendapat 320.793 suara dan Prabowo hanya 87.819 suara.

Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Sudrajat mengatakan,  pihaknya membagi lima hari tahapan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 tingkat provinsi, dari Senin (6/5/2019) hingga Jumat (10/5/2019). Untuk jadwal besok Selasa (7/5/2019), akan dihitung perolehan rekapitulasi suara dari delapan kabupaten/kota. Yakni Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kota Salatiga, Banyumas, Kudus, Purworejo, Sukoharjo, dan Kabupaten Sragen.

“Sedangkan hari Rabu (8/5/2019) ada 8 kabupaten/kota. Lalu hari Kamis (9/5/2019) ada 8 kabupaten/kota, dan Jumat (10/5/2019) ada 4 kabupaten/kota. Setelah melewati hasil pleno di tiap kabupaten/kota dan masukan dari Bawaslu, semoga proses rekapitulasi berjalan dengan lancar tanpa ada kendala apapun,” ujarnya. (HS)

Tiga Petugas Pemilu di Semarang Meninggal Dunia, Ini Kata Hendrar Prihadi

Di Jateng, Kepala Sekolah Bisa Diangkat jadi Kepala Dinas