in

Hari Pertama Operasi Patuh Candi 2021, Polisi di Purbalingga Bagi-bagi Masker

Satlantas Polres Purbalingga, pada hari pertama Operasi Patuh Candi 2021, Senin (20/9), bersama instansi melaksanakan kegiatan simpatik di Simpang Empat Patung Jenderal Soedirman. (Foto : Humas.polri.go.id)

 

HALO PURBALINGGA – Polisi tidak melakukan penindakan hukum dalam pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2021 di Purbalingga. Pola operasi yang biasanya 80% kegiatan preemtif dan preventif serta 20% penegakkan hukum, diubah menjadi menjadi 100% tindakan simpatik. Hal tersebut dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat kepada Polri.

Hal itu disampaikan Kapolres Purbalingga, AKBP Era Johny Kurniawan, ketika  membacakan amanat Kapolda Jateng Irjen Polisi Ahmad Luthfi, dalam apel gelar pasukan Operasi Patuh Candi 2021. Apel dilaksanakan di halaman mapolres, diikuti seluruh instansi terkait, Senin (20/9).

“Polri secara serentak menggelar Operasi Patuh 2021 selama 14 hari, dari 20 September sampai 3 Oktober 2021. Dalam rangka cipta kondisi kamseltibcarlantas di tengah pandemi Covid-19 di wilayah hukum Polda Jateng,” kata Kapolres membacakan amanat, seperti dirilis Humas.polri.go.id.

Menurut dia, untuk tahun ini, operasi patuh berorientasi pada pola preemtif dan preventif, yang berupa tindakan simpatik humanis kepada masyarakat.

“Dengan mengedepankan metode preemtif dan preventif juga bertujuan untuk penurunan level PPKM di masing-masing wilayah,” kata kapolres.

Diharapkan, melalui operasi ini, masyarakat selalu mematuhi aturan lalu lintas dan protokol kesehatan, untuk memutus penyebaran Covid-19. Masyarakat diminta menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di jalan dan membudayakan keselamatan sebagai kebutuhan.

Sementara itu, pada hari pertama pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2021, Senin (20/9), Satlantas Polres Purbalingga, bersama instansi terkait langsung melaksanakan kegiatan simpatik di Simpang Empat Patung Jenderal Soedirman.

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan sosialisasi tertib lalu lintas kepada pengendara yang melintas. Petugas juga membagikan masker secara gratis, menempelkan stiker ajakan pakai masker, dan pemberian leaflet informasi kepada pengendara saat lampu lalu lintas menyala merah.

Kasat Lantas Polres Purbalingga AKP Rizky Widyo Pratomo, menyampaikan bahwa saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Oleh sebab itu, selain mengajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas, juga mengajak untuk patuh terhadap protokol kesehatan.

“Harapannya selain mewujudkan kamseltibcarlantas yang mantap juga mampu menurunkan level PPKM di wilayah Kabupaten Purbalingga,” ucapnya. (HS-08)

Share This

Kemenag Buka Pendaftaran Bantuan Litapdimas 2022

Indonesia Bantu 200 Ribu Dolar AS untuk Penanganan Covid-19 di Myanmar