in

Hari Pertama Larangan Mudik, 54 Kendaraan Luar Jateng Diputar Balikkan di GT Kalikangkung

Petugas melakukan pemeriksaan kepada pengendara dari luar Jateng di Gerbang Tol Kalikangkung, Kamis (6/5/2021).

 

HALO SEMARANG – Pemerintah telah secara resmi melarang mudik pada tahun 2021. Larangan tersebut berlaku mulai Kamis (6/5/2021) sampai Senin (17/5/2021).

Hal itu bertujuan untuk menekan angka virus Covid-19 yang belum membaik di beberapa wilayah di Indonesia, khususnya Jawa Tengah.

Hari pertama larangan mudik, Satlantas Polrestabes Semarang bersama jajaran Dinas Kesehatan, Pospam, dan Dishub melakukan penyekatan di Gerbang Tol Kalikangkung, khusus kendaraan berplat luar Provinsi Jawa Tengah.

Sebanyak 54 kendaraan diminta putar balik oleh Satlantas Polrestabes Semarang, karena saat hendak masuk wilayah Jateng tidak membawa surat kesehatan atau hasil swab antigen.

“Rata-rata kendaraan berplat luar daerah (Jawa Tengah), ada dari Jakarta dan Jawa Barat. Tapi kalau sudah membawa surat kesehatan (rapid tes antigen) tidak apa-apa,” kata Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Sigit kepada halosemarang.id saat ditemui di Gerbang Tol Kalikangkung, Kamis (6/5/2021) malam.

Sigit menambahkan, sebelum diminta putar balik, pihaknya bersama Dinas Kesehatan meminta pengendara tersebut untuk melakukan tes swab antigen di Posko yang sudah di sediakan.

“Yang diswab sebanyak 79 pada hari pertama ini. Sampai saat ini kita belum menemukan satu orang yang terindikasi positif Covid-19,” ucap Sigit.

Tidak hanya melakukan penyekatan, Satlantas Polrestabes Semarang juga memberikan imbauan terkait prokes dan membagikan masker kepada pengguna jalan.

“Ada banyak yang tidak pakai masker, makanya kita juga menyediakan masker untuk dibagikan ke pengguna jalan,” tutur Sigit.

Sigit mengimbau kepada masyarakat khususnya wilayah Semarang dan sekitarnya, untuk tetap mematuhi protokol kesehatan agar terjaga dari penularan Covid-19.(HS)

Share This

Bersama Pemkab Sragen, Bank Jateng Bagikan 1.000 Paket Sembako

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Jumat (7/5/2021)