in

Hari Pers Nasional 2024, Mbak Ita Berharap Sinergitas Kondusifkan Pemilu

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menghadiri perayaan Hari Pers Nasional 2024 bertajuk "Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Merawat Keutuhan Bangsa" oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jateng di Gedung Pers Jalan Tri Lomba Juang No 10 Kota Semarang, Sabtu (9/2/2024).

HALO SEMARANG – Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menghadiri perayaan Hari Pers Nasional 2024 bertajuk “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Merawat Keutuhan Bangsa” oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jateng di Gedung Pers Jalan Tri Lomba Juang No 10 Kota Semarang, Sabtu (9/2/2024).

Dalam kesempatan itu, Mbak Ita sapaan akrabnya mengucapkan selamat dan apresiasi kepada para jurnalis karena telah terlibat dalam pembangunan Kota Semarang. Ke depan, ia berharap para jurnalis bisa terus bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dalam menjaga kondusifitas Pemilu.

Hal ini mengingat Kota Semarang sendiri memiliki kerawanan konflik ke 12 di tingkat nasional dan pertama di Jateng. Ia mendorong agar pemberitaan-pemberitaan ataupun informasi yang disampaikan ke masyarakat selalu hangat.

“Tapi Alhamdulillah tidak ada pemberitaan yang menyudutkan dan semua berjalan dengan baik sampai tahapan kampanye akan selesai, dan masa tenang saya harap juga berjalan baik,” ujarnya.

Di sisi lain, Mbak Ita mengakui peran pers sangat penting dalam kemajuan bangsa. Ke depan ia mendorong untuk fungsi-fungsi pers yang berintegritas bisa terus diterapkan.

Sementara itu, Ketua PWI Jateng, Amir Machmud meminta kepada setiap jurnalis untuk terlibat dalam mengkampanyekan aksi Pemilu Damai 2024. Menurutnya, peran jurnalis juga sangat besar dalam menjaga dan mengawal demokrasi.

“Kita tidak melihat sekat agama dan politik, segala sesuatu yang diperintahkan kode etik. Maka kami menegaskan menjelang politik kita berada di tengah atau posisi netral, tidak berpihak salah satu. Yang jelas sesuai breakdown Undang-Undang Pers Pasal 3 fungsi memberi informasi edukasi dan kontrol sosial, kita laksanakan penuh tanggung jawab,” imbuhnya.(HS)

Rangkul Ratusan Kiai dan Guru Ngaji di Solo Raya, JAGA-NU Siap Menangkan Ganjar-Mahfud

Puan Maharani Ajak Insan Pers Kawal dan Jaga Proses Pemilu