Hari Keempat Banjir Masih Menggenangi Kota Semarang

Genangan air di Jalan Dong Biru Kelurahan Genuksari, Kecamatan Genuk, Kota Semarang.

 

HALO SEMARANG – Banjir di Kota Semarang sudah memasuki hari ke empat. Pada hari ke empat ini, air tampak masih menggenang di beberapa kecamatan di Kota Semarang.

Salah satunya, Kelurahan Genuksari, Kecamatan Genuk. Terdapat 11 RW yang masih terendam banjir.

Di 11 RW tersebut bervariatif tingkat ketinggian airnya, mulai dari 15 cm hingga 50 cm.

“Hingga saat ini, ada 11 RW yang masih terendam. Paling dalam di RW VIII,” papar Lurah Genuksari, Sutrisno kepada halosemarang.id, Selasa (9/2/2021).

Sutrisno menambahkan, kondisi korban yang tersebar di 11 RW saat ini mengungsi di rumah kerabat-kerabat korban yang tidak terkena banjir.

“Warga yang rumahnya terendam paling parah di RW delapan mengungsi di kerabatnya, namun ada beberapa yang tetap bertahan,” imbuhnya.

Ketua RW III, Kelurahan Genuksari, Salim Sutono mengatakan, keseluruhan warganya menjadi korban banjir pada bulan kedua ini.

“Di sini ada 12 RT, ada 820 keluarga, seluruh warga terdampak,” katanya.

Salim menambahkan, hingga saat ini warganya sudah mendapatkan bantuan dari sejumlah pihak. Di antaranya mulai pihak swasta, pemerintah kota maupun dari kementerian.

“Bantuan terus mengalir hingga hari keempat ini, mulai dari yayasan, pemkot, dan kementerian juga datang,” kata Salim yang juga menjadi anggota relawan.

Sebagai Ketua RW, dirinya memberikan tempat untuk dijadikan dapur umum.
“Dari bantuan yang telah kami terima, kami alokasi menjadi dapur umum,” imbuhnya.

Terkait dengan bantuan, pihaknya masih membuka para dermawan yang ingin membantu.

“Kami sudah koordinasi dengan relawan dari kedokteran untuk memberikan pelayanan kesehatan, karena sudah ada warga yang mulai terkena penyakit gatal,” harap Salim.

Salim meyakini jika curah hujan berkurang, maka air akan segera surut.

“Hari ini cuacanya cerah, kami berharap besok juga cerah. Dengan begini air segera surut, warga bisa beraktivitas seperti biasa,” pungkasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.