in

Hari ini, Pendaftaran Ulang PPDB Kota Salatiga

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Salatiga. (Foto : Salatiga.go.id)

 

HALO SALATIGA – Para calon peserta didik baru yang lolos dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Salatiga, Senin (10/5) hari ini mulai melakukan daftar ulang.

Sebelumnya, mereka mengikuti pendaftaran serentak, 6 Mei hingga 8 Mei 2021.

Kepala Dinas Pendidikan Yuni Ambarwati, seperti dirilis Salatiga.go.id, mengatakan bahwa kuota penerimaan siswa tingkat SD untuk jalur zonasi tahun ini sebanyak 70%, jalur afirmasi 15%, dan perpindahan tugas ortu sebanyak 5%.

Adapun untuk tingkat SMP, kuota penerimaan siswa melalui jalur zonasi sebanyak 50%, jalur afirmasi sebanyak 15%. Untuk jalur afirmasi, dibagi menjadi tiga, yakni 10% untuk jalur keluarga ekonomi kurang mampu, 2% disabilitas, dan 3% anak-anak tenaga kesehatan yang langsung menangani Covid-19.

Untuk jalur prestasi, baik akademis maupun non akademis, sebanyak 10% dan perpindahan tugas ortu sebanyak 5%.

Sisanya masuk pada jalur zonasi, karena prinsip dari PPDB ini adalah tidak diskriminatif, transparan, dan akuntabel.

Jalur zonasi ini, bertujuan untuk mendekatkan peserta didik dengan lingkungan sekolah, dengan harapan peserta didik dapat mengakses sekolah tanpa perlu menggunakan angkutan umum.

Sementara itu terdapat juga Kelas Khusus Olahraga (KKO), yang mana kelas ini hanya dibuka di SMP N 3 Salatiga dan sudah dimulai dari tanggal 3 – 4 Mei 2021.

Yuni Ambarwati berharap bagi yang tidak masuk di KKO, dapat masuk ke sekolah regular melalui jalur prestasi, dengan menunjukkan bukti piagam.

Dia juga menjelaskan bahwa PPDB Kota Salatiga ini, melibatkan beberapa pihak, yaitu Kerjasama dengan Telkom dan Diskominfo Salatiga, untuk menjamin ketersediaan jaringan komunikasi secara online.

Selain itu juga bekerja sama dengan Dinsos, terkait dengan DTKS dan kerja sama dengan Dukcapil terkait domisili dan kartu keluarga. (HS-08)

Share This

Ada Larangan, Warga di Pemalang Masih Ada yang Berusaha Mudik

Cegat Truk, Polisi di Grobogan Dapati 16 Pemudik dan Hewan Peliharaan