Hari Ini dan Besok Diprediksi Jadi Puncak Arus Balik Pemudik

Gerbang Tol Kalikangkung Semarang dipadati kendaraan pemudik cuti bersama.

 

HALO SEMARANG – Lonjakan arus balik long weekend cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW diprediksi mulai terjadi pada Sabtu (31/10/2020) hingga Minggu (1/11/2020).

Direktur Lalu Lintas Polda Jateng, Kombes Pol M Syafirudin menyatakan, arus balik libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW dari Jawa Tengah menuju arah Jakarta diperkirakan akan  mulai mengalami peningkatan volume kendaraan pada Sabtu (31/10/2020).

“Diperkirakan para pemudik akan kembali ke Jakarta pada Sabtu (31/10/2020), dan mereka bisa melanjutkan liburannya di Jakarta atau digunakan untuk beristirahat pada hari Minggu (1/11/2020). Selanjutnya Senin (2/11/2020) mereka sudah masuk kerja,” ujarnya di Semarang, Jumat malam (30/10/2020).

Syafrudin menambahkan, pada arus balik liburan panjang ini, kendaraan berat sumbu 1, 2, dan 3 tidak diperbolehkan masuk jalan tol.

Sementara, semua kendaraan kecil yang ditumpangi pemudik ke arah Jakarta diarahkan melalui jalan tol.

“Polda Jateng akan berkoordinasi dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan instansi terkait untuk memonitor pergerakan arus lalu lintas menuju Jakarta,” tuturnya.

Sementara Direktur Teknis Jasa Marga Semarang Batang (JSB), Abdul Rokhim mengatakan, pihaknya telah melakukan persiapan untuk mengantisipasi arus balik liburan dan cuti bersama tahun ini.

Menurutnya, Jasa Marga telah melakukan penambahan gardu di gerbang tol Kalikangkung yang menuju arah Jakarta.

“Gerbang tol sudah kami lakukan penambahan untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan,” ujarnya.

Dia mengimbau pemudik yang akan kembali ke Jakarta, bisa berangkat lebih awal guna menghindari kemacetan.

“Kami mengimbau agar pengguna jalan dapat mengatur waktu perjalanan kembali ke Jakarta. Kami mohon kerja sama pengguna jalan untuk tidak kembali ke Jakarta di hari Minggu (1/11/2020),” katanya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.