in

Harga Telur di Kota Semarang Sentuh Rp 24.000

 

Ilustrasi telur ayam, /dok: Pekalongankota.go.id

 

HALO SEMARANG – Harga telur ayam di tingkat pasar beberapa hari terakhir kian meningkat. Di Kota Semarang, Jawa Tengah per hari ini, Kamis (11/10/2021) kenaikan harga telur ayam menyentuh Rp 24.000 tiap kilogram.

Kondisi ini dikeluhkan oleh sejumlah pedagang sembako di Pasar Bulu Kota Semarang. Satu di antaranya, Siti Isnaini menuturkan, sepekan lalu harga telur ayam di Pasar Bulu masih di angka Rp 18.000.

“Sebelum naik, harga telur berkisar Rp 18.000 per kilogram, namun setelah naik sekarang harganya menjadi Rp 24.000 per kilogram,” katanya, Kamis (11/11/2021).

Ia menyebut, seiring terjadinya kenaikan harga kebutuhan pokok akan diikuti dengan adanya operasi pasar yang dilakukan pemerintah. Namun, selama sepekan terakhir belum ada perhatian dari pemerintah untuk mengendalikan harga telur ayam di pasaran.

“Hingga saat ini belum ada operasi harga dari dinas yang ke sini,” terangnya.

Mencuatnya harga telur ayam juga disuarakan oleh pedagang sembako lain, Dwi (41). Ia menuturkan, kenaikan harga telur ayam jelang Hari Natal dan Tahun Baru 2022 ini tidak seperti hari besar keagamaan sebelumnya.

“Jelang Idul Fitri lalu saja kenaikan harga telur ayam hanya mencapai Rp 20.000 per kilogram. Ini kenaikan yang paling tinggi. Baru minggu ini harganya sudah segitu, bisa jadi minggu depan naik. Kalau sudah naik, turunnya susah. Mungkin karena mau Natal dan Tahun Baru,” paparnya.

Ia meyampaikan, kenaikan harga telur ayam berimbas pada daya beli masyarakat. Kuantitas masyarakat yang beli telur, menurutnya mengalami penurunan.

“Mungkin awalnya mereka kaget karena naiknya tinggi sekali. Tetapi karena ini kebutuhan pokok jadi tetap beli. Cuma tidak seramai biasanya. Harapannya semoga harganya kembali stabil jadi kebutuhan sehari-hari bisa terpenuhi,” tandasnya.

Share This

Groundbreaking Penanaman 50.9 Juta Bibit Pohon di RPH Darupono PKPH Boja

Angkat Budaya Lokal, Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang Salurkan CSR di Kampung Jawi