Harga Cabai Mulai Turun, Ini Alasannya

foto ilustrasi panen cabai.

 

HALO SEMARANG – Turunnya harga kebutuhan pangan strategis seperti cabai di beberapa pasar tradisional di Kota Semarang, diakibatkan pasokan yang mulai tercukupi. Saat ini harga cabai rawit merah sudah mencapai Rp 60 ribu/kg, dari sebelumnya Rp 100 ribu/kg.

Kabid Pengembangan Perdagangan dan Stabilitas Harga Dinas Perdagangan Kota Semarang, Sugeng Dilianto mengatakan, pihaknya sudah memprediksi jika harga cabai pada akhir Maret hingga April 2021 trendnya akan turun.

Sebab, pasokan cabai di pasaran mendapatkan stok dari Bali dan beberapa wilayah di Jawa Timur.

“Sehingga untuk pasokan cabai di pasaran cukup banyak dan harganya menjadi turun. Asal syaratnya kondisi cuaca atau curah hujan juga tidak tinggi,” terangnya, Minggu (4/4/2021).

Prediksi harga cabai turun pada akhir Maret 2021 ini, kata dia, mengaca dari harga cabai pada tahun sebelumnya.

“Di mana, harga cabai pada bulan Februari hingga awal Maret tahun 2019 maupun tahun 2020 lalu diangka Rp 85 ribu/kg. Berlanjut pada Februari-awal Maret 2021, harga cabai terus merangkak naik dari Rp 90-100 ribu/kg. Harga tinggi tersebut, dikarena faktor curah hujan tinggi pada bulan tersebut dan adanya pandemi Covid-19,” paparnya.

Penyebab penurunan harga cabai, lanjut dia, karena stok cabai di pasaran berasal dari Bali dan Jatim. Sedangkan, hasil panen dari petani di Jawa Tengah, banyak yang dijual ke Jakarta.

“Mereka memilih “membuang” hasilnya di sana, karena di Jakarta dibeli dengan harga lebih mahal,” terangnya.

Dijelaskannya, harga cabai pada April 2021, atau mendekati bulan puasa tahun ini, diprediksi masih akan terus turun, jika curah hujan tidak ekstrem.

“Faktor cuaca sangat signifikan mempengaruhi tinggi atau rendahnya harga cabai di pasaran, selain tidak ada kelangkaan cabai di pasaran,” imbuhnya.

Seperti diketahui, harga cabai jenis rawit merah di Pasar Bulu, saat ini, sudah mulai turun menjadi Rp 60 ribu/kg dari sebelumnya mencapai harga Rp 100 ribu/kg.

Sedangkan, di Relokasi Pasar Johar MAJT, harga cabai rawit merah juga turun menjadi Rp 60 ribu/kg dari sebelumnya harga cabai Rp 74 ribu/kg. Penurunan harga cabai ini terjadi sejak Jumat (26/3/2021) lalu.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.