in

Harga Cabai Di Semarang Melambung Tinggi

Pedagang di Pasar Purwogondo Kota Semarang sedang menunggui barang dagangannya, Kamis (25/2/2021).

 

HALO SEMARANG – Turunnya produksi cabai serta meningkatnya permintaan di luar Pulau Jawa membuat harga cabai di Kota Semarang mengalami kenaikan.

Bahkan untuk cabai rawit harga melambung tinggi, mencapai Rp 90 ribu perkilogram.

Hal tersebut di sampaikan oleh Sugik (40) salah satu pedagang di Pasar Purwogondo Kota Semarang, Kamis (25/2/2021).

Dirinya pun harus mengambil untung sedikit karena sulitnya memberi harga untuk daganganya yang melambung tinggi.

“Ya ada orang beli sedikit engga tak kasih, udah tak patok langsung belinya minimal harus berapa ons gitu, biar aku dapet untung meskipun dikit,” ungkapnya.

Dia menjelaskan kenaikan harga cabai juga dipengaruhi faktor cuaca. Saat ini harga cabai rawit merah yang sebelumnya Rp 70 ribu perkilo sekarang menjadi Rp 90 ribu perkilo.

Harga cabai rawit hijau yang sebelumnya Rp 60 ribu perkilo menjadi Rp 70-75 ribu perkilo. Cabai merah dari Rp 60 ribu perkilo menjadi Rp 65 ribu perkilo, namun untuk cabai hijau besar masih stabil yaitu harga Rp 25-30 ribu perkilo.

Sugik juga menambahkan, dia juga pernah mendapatkan pasokan dari luar Jawa. Padahal sepengetahuan dia, cabai dari luar Jawa itu juga berasal dari petani di Jawa Tengah.

“Karena stok di sini kurang dan di sana lebih, akhirnya harga juga berubah dan membuat menjadi kian naik. Padahal cabai yang di luar Jawa itu, konon ngambilnya dari sini juga. Tapi pas di sini stoknya kurang, dapet kiriman dari sana dan harganya sudah beda lagi lebih mahal,” katanya.

Sementara itu Dewi (43), salah satu pembeli juga khawatir jika harga cabai semakin naik. Dia menambahkan, jika harga terus naik maka kebutuhan pangan lainya juga akan ikut naik.

“Ya saya kan juga jualan nasi bungkus di warung, kalau harga naik saya otomatis juga naikin harga jualan. Pelanggan biasa ya tak mau tau soal harga bahan baku yang naik,” imbuhnya.

Tak hanya cabai, dari pantauan halosemarang.id, rata-rata harga pangan di pasar tradisional naik pada pekan ini. Seperti harga bawang merah besar dan harga daging sapi.

Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang, Hernowo Budi Luhur mengatakan, harga cabai beberapa hari ini terpantau naik pada kisaran Rp 5.000 – Rp 10.000 per kilogram. Kondisi ini karena curah hujan yang tinggi sehingga mengakibatkan petani gagal panen.

‘’Ada beberapa tanaman yang rentan terhadap hujan, salah satunya cabai. Sehingga, ini berdampak pada pasokan yang berkurang dan mengakibatkan harga naik,’’ tuturnya.(HS)

Share This

Tahun 2022, Kudus Prioritaskan Pemantapan Pemulihan Ekonomi

Polda Jateng Luncurkan Program QRIS Cashles Polres Magelang dan SKCK Door to Door