in

Halalbihahal, Bupati Jepara Ajak Kuncen Makan Bersama

Silaturahmi dan halalbihalal Bupati Jepara bersama Juru Kunci Makam se-Kabupaten Jepara. (Foto : Jepara.go.id)

 

HALO JEPARA – Bupati Jepara Dian Kristiandi mengajak para kuncen atau juru kunci makam, untuk memahami sejarah dan silsilah tokoh yang dimakamkan di tempat tersebut. Dengan memahami sejarah dan silsilah, mereka dapat mewariskan pengetahuan tersebut kepada generasi mendatang.

Hal itu disampaikan Bupati Jepara Dian Kristiandi, baru-baru ini di Pendopo Kartini, dalam acara silaturahmi dan halalbihalal dengan para kuncen.

Mengawali sambutannya, Bupati Jepara bertanya kepada para kuncen, tentang sejarah makam hingga silsilah tokoh penting di wlayah itu. Ada yang bisa menjawab lengkap, ada pula yang memberikan jawaban sebagian.

Menurut Bupati, pengetahuan tentang sejarah makam dan sisilah tokoh yang berkaitan dengan Kabupaten Jepara, penting untuk dijaga, sebagai bagian dari upaya merawat sejarah.

“Saya ingin kita sama-sama merawat dan menjaganya,” ujar pria yang akrab disapa Andi, seperti dirilis Jepara.go.id.

Menurut bupati, kisah sejarah dari pendahulu dapat menjadi tambahan kekuatan bagi generasi penerus. Sebagai motivasi positif yang dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air seraya menguatkan sisi spiritual. “Menjadi kekuatan, termasuk agar tak ada pembelokan sejarah dari pihak yang tidak bertanggung jawab,” kata Andi.

Lebih lanjut, dia mengatakan akan menginisiasi dan memfasilitasi pendirian badan hukum organisasi kuncen Jepara. Dengan adanya badan hukum tersebut, para kuncen diharapkan dapat ikut menerima bantuan dari pemerintah.

Sementara itu kegiatan halalbihalal tersebut berlangsung meriah. Saat para kuncen yang mengenakan surjan lengkap dengan belangkon itu tiba di Pendopo Kartini, mereka langsung disambut tabuhan rebana dan lantunan selawat.

Acara diawali lantunan ayat suci Al-Qur’an oleh qari ustaz Andi Rahman, disambung barzanji yang dipimpin grup rebana Al Faza dari Desa Banjaragung, Kecamatan Bangsri. Para tamu yang hadir, juga menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta Mars Jepara.

Tak hanya seremonial, para kuncen tersebut juga diajak makan bersama Bupati Jepara Dian Kristiandi. Bupati juga ikut duduk bersila beralaskan karpet, menikmati nasi tumpeng dengan lauk tahu, tempe, mi, urap, dan ayam. Menu ala kenduri itu disantap bersama, langsung menggunakan tangan.  (HS-08)

Bupati Kudus Berharap PPM Mendata dan Masukkan Keturunan Veteran

Bupati Jepara Ajak Warga Dukung Sensus Penduduk Lanjutan