in

Hakim Wasmat Pantau Rutan Batang via Daring

Seorang warga binaan di Rutan Batang, berdialog secara virtual dengan hakim wasmat, dalam kegiatan pemantauan untuk memastikan pelaksanaan putusan pengadilan. (Foto : Batangkab.go.id)

 

HALO BATANG – Hakim Pengawas dan Pengamat (Wasmat) dari Pengadilan Negeri (PN) Batang, memantau secara virtual, untuk memastikan bahwa putusan pengadilan telah dilaksanakan sebagaimana mestinya, di Rutan Batang, Kabupaten Batang, Jumat (18/6/).

Kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP), hakim menanyakan pelayanan yang diberikan rutan, meliputi fasilitas kesehatan, pemenuhan kebutuhan makan dan minum, serta kegiatan pembinaan di dalam rutan. WBP juga dipersilakan untuk menyampaikan informasi, mengenai kendala yang mereka alami selama pandemi.

Beberapa WBP, mengatakan kendala yang dirasakan selama pandemi, adalah tidak mendapat kunjungan dari keluarga secara langsung.

Hakim juga menanyakan kepada Kepala Subsie Pelayanan Tahanan, Fanny Yusuf Irawan, perihal jalannya sidang online di Rutan Batang. Selama pandemi, persidangan WBP dilaksanakan secara daring di Rutan Batang.

Kepala Subsie Pelayanan Tahanan, Fanny Yusuf Irawan, menjelaskan pihak rutan telah memberikan fasilitas kunjungan online, sebagai solusi dari ditiadakannya kunjungan tatap muka.

“Sebagai gantinya Rutan Batang menyediakan fasilitas kunjungan online,” kata dia, seperti dirilis Batangkab.go.id.

Rutan Batang menyediakan ruangan khusus, untuk sidang online yang kedap suara, dengan piranti jaringan yang memadai, untuk memastikan kelancaran komunikasi jalannya persidangan.

Rutan Batang mendapat perangkat unit sidang online, hasil kerja sama dengan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (DitjenPAS) dengan Pemerintah Australia. (HS-08)

Share This

Rutan Batang Resmi Miliki Ruang Pelayanan Khusus

Cegah Penyebaran Covid-19, Petugas Gabungan Serentak Semprotkan Disifektan