in

Hadiri Silaturahmi PGRI Kudus, Bupati Hartopo : Guru Dituntut Miliki Semangat Belajar Tinggi

Bupati Kudus HM Hartopo ketika bersilaturahmi dengan PGRI Kudus di aula SMP 2 Undaan, Jumat (25/2). (Foto : Rilis Pemkab Kudus)

 

HALO KUDUS – Bupati Kudus HM Hartopo melaksanakan kegiatan silaturahmi dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Kudus di aula SMP 2 Undaan, Jumat (25/2).

Dalam kegiatan itu, Bupati Hartopo memberikan motivasi kepada guru yang notabenenya sebagai pilar pendidikan.

“Guru dituntut untuk memiliki semangat belajar yang tinggi dan kemampuan mengajar yang mumpuni. Itu artinya, guru merupakan pilar pendidikan yang sangat vital perannya. Keberhasilan pendidikan sangat tergantung pada peran strategis guru,” kata dia, dalam keterangan tertulis yang dirilis laman resmi Pemkab Kudus.

Hartopo juga mengatakan bahwa guru harus mampu mengembangkan media pembelajaran yang efektif. Hal ini disebabkan karena guru adalah komunikator yang harus mampu menyampaikan sesuatu secara efektif dan efisien kepada orang lain, khususnya kepada para peserta didik.

“Guru dituntut menguasai teknologi pendidikan. Hal ini sangat penting karena perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi belajar kini hampir seluruhnya memanfaatkan kemajuan teknologi,” jelasnya.

Oleh karena itu, Guru diharap dapat memberikan inovasi dan kreatifitasnya dalam mengajar, mengingat berbagai karakter murid yang berbeda-beda.

“Karena kita masih dalam era Covid-19, dampaknya luar biasa, termasuk dalam dunia pendidikan. Guru diharap dapat memberikan inovasi dan kreatifitasnya dalam mengajar supaya murid dapat menerima pelajaran dengan baik. Baik itu daring maupun luring,” kata dia.

Terakhir, Hartopo menekankan kesabaran yang harus dimiliki oleh seorang guru ketika melaksanakan tugasnya, yakni mencerdaskan anak bangsa.

“Tak lupa, kesabaran harus dimiliki setiap guru dalam memberikan edukasi pada setiap anak didiknya. Keberhasilan dan kesabaran guru akan nampak ketika anak didiknya kelak menjadi seorang yang berguna bagi nusa dan bangsa,” kata dia. (HS-08)

Bupati Kudus Harapkan Santri Bentengi Diri dari Paham Radikalisme

Bupati Andi Lantik 26 ASN Jepara sebagai Pejabat Fungsional